Nasdem siapkan puluhan ribu saksi jelang pemilu

id Nasdem

Nasdem siapkan puluhan ribu saksi jelang pemilu

DPW Nasdem Sulteng menggelar rapat kerja teknis Komisi Saksi Nasdem, di kantor partai politik tersebut, Rabu. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

Palu, (ANTARANews Sulteng) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyediakan puluhan ribu saksi mulai dari tingkat tempat pemungutan suara, desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten, jelang pelaksanaan pemilihan umum 2019.

"Saat ini masuk pada tahapan rekrutmen saksi untuk beberapa kabupaten yang belum dibentuk saksi, mulai dari tingkat TPS hingga kabupaten/kota," ucap Ketua Komisi Saksi Nasdem Wilayah Sulawesi Tengah Herman Zaenong di Palu, Rabu, terkait persiapan menghadapi Pemilu 2019.

Kata Herman, DPW Nasdem Sulawesi Tengah menyiapkan kurang lebih sekitar 20.000 saksi untuk tingkat pemungutan suara. Jumlah itu dengan asumsi, satu TPS terdapat dua saksi. Karena jumlah TPS di Sulawesi Tengah pada Pemilu 2019 sekitar 9.179 TPS.

Kemudian tingkat desa, kata dia, Nasdem menyiapkan sekitar 2.017 saksi, dengan asumsi 1 desa terdapat satu koordinator saksi. Jumlah desa/kelurahan di Sulteng sebanyak 2.017.

Selanjutnya tingkat kecamatan Nasdem Sulteng menyediakan 525 saksi, dengan asumsi satu kecamatan terdapat 3 saksi dengan jumlah kecamatan sebanyak 175. Untuk tingkat kabupaten/kota, Partai Besutan Surya Paloh itu menyiapkan 52 saksi, dengan asumsi 1 kabupaten/kota dikawal 4 saksi, dengan jumlah 13 kabupaten/kota.

Ia mengemukakan, pembobotan dan penyiapan saksi terus dilakukan sampai dengan bulan Maret 2019 mendatang. Pembobotan itu sendiri dilakukan secara bertahap agar saksi benar-benar mengetahui tugas dan fungsinya.

Dirinya mengaku bahwa saksi untuk tingkat kecamatan dan koordinator saksi di tingkat desa telah selesai dibentuk. Namun demikian, terdapat beberapa wilayah yang belum selesai, sementara dalam pembentukan.
 
DPW Nasdem Sulteng menggelar rapat kerja teknis Komisi Saksi Nasdem, di kantor partai politik tersebut, Rabu. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)



Terkait hal itu Sekretaris DPW Nasdem Sulawesi Tengah Muslimun menyatakan pembentukan saksi mulai dari tingkat TPS hingga kabupaten/kota, merupakan kerja-kerja pembentukan mesin pemenangan.

"Ini tidak sekedar hanya untuk mencapai target bahwa Sulawesi Tengah menjadi lumbung suara Partai Nasdem, tetapi lebih dari itu," kata Muslimun tegas.

Nasdem Sulteng menargetkan Sulawesi Tengah menjadi daerah lumbung suara atau penyumbang suara terbanyak pada pemilu 2019 mendatang.

Selain itu, sebut Qimunk sapaan akrab Muslimun menyebut, pembentukan saksi juga sebagai proyek percontohan untuk daerah/provinsi lain. Karena, teknis perekrutan dan pembinaan saksi Nasdem di 2019 mendatang, luar biasa," sebutnya.

"Perekrutan dan pembentukan saksi telah dilakukan jauh-jauh hari, jauh sebelum bencana Sulteng menerpa. Namun, karena bencana, maka upaya ini kami lakukan kembali," sebut dia.

Ia menambahkan dengan hadirkan saksi yang disiapkan oleh partai, maka para calon legislatif dari Nasdem, tidak perlu memikirkan atau membentuk saksi tersendiri.

"Para kandidat calon legislatif silahkan bekerja. Tidak perlu memikirkan tentang saksi, karena saksi dari setiap caleg di tingkat TPS sampai kabupaten/kota di siapkan oleh partai," tambahnya.

Baca juga: Nasdem gencarkan konsolidasi pemenangan partai jelang pemilu