Desa Sausu Trans bangun Puskesdes pakai dana desa

id Puskesdes, Parigi motutong, dana desa

Desa Sausu Trans bangun Puskesdes pakai dana desa

Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Pusat Kesehatan Desa menggunakan dana desa sebesar Rp185 juta. (Antaranews Sulteng/Humas Pemda)

Kami menyediakan anggaran pembangunan untuk Puskesdes dusun I Desa Sausu Trans sebesar Rp185 bersumber dari alokasi dana desa tahun 2018 /2019
Parigi (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Desa Sausu Trans, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah membangun satu unit Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang dibiayai dari Dana Desa (DD) 2018 senilai Rp185 juta.

Realisasi pembangunan Puskesdes itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Drs H Samin Latandu, Kamis.

Kepala Desa Sausu Trans Moh Amsal Syamsu mengatakan, pembangunan Puskesdes merupakan usulan dari masyarakat karena menyangkut pelayanan dasar masyarakat. 

Seluruh biaya yang digunakan untuk pembangunan Puskesdes itu juga sepenuhnya bersumber dari anggaran dana desa di wilayah itu.

“Kami menyediakan anggaran pembangunan untuk Puskesdes dusun I Desa Sausu Trans sebesar Rp185 bersumber dari alokasi dana desa tahun 2018 /2019,” sebut Moh Asmal.

Gedung Puskesdes itu dibangun di atas lahan seluas 6 x 11 meter, pembangunannya dilakukan dalam dua tahap. 

Tahap 1 menggunakan alokasi dana desa Tahun 2018 sebesar Rp60 juta, kemudian tahap 2 menggunakan alokasi dana desa tahun 2019 sebesar Rp125 juta yang pembangunannya akan dimulakan pada Maret tahun 2019.

Samin Latandu berpesan kepala desa dan masyakat agar mengawasi dengan baik proses pembangunan Puskesdes tersebut.

Ia juga meminta setelah selesai, bangunan itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelayanan kesehatan di desa itu.

“Saya minta kepada kepala desa dan masyarakat tolong pembangunan Puskesdes ini diawasi dengan baik, sehingga bisa selesai tepat pada waktunya. Jika sudah selesai manfaatkan dengan sebaik baiknya,” pintanya.(*/humaspemda)