Dapat dua penalti, Liverpool bantai Arsenal 5-1

id arsenal,liverpool

Dapat dua penalti, Liverpool bantai Arsenal 5-1

Roberto Firmino mencetak gol kelima bagi Liverpool (REUTERS / Phil Noble)

 Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Liverpool sukses membantai Arsenal 5-1 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih setelah Liverpool memperoleh dua tendangan penalti, satu disarangkan Mohamed Salah yang lainnya oleh Roberto Firmino.

Firmino di laga itu bahkan mengemas trigol dibantu satu gol lain dari Sadio Mane untuk menguburu keunggulan yang sempat dimiliki Arsenal lewat Ainsley Maitland-Niles, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu memantapkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan koleksi 54 poin, sedangkan Arsenal (38) tertahan di urutan kelima.

The Reds kini unggul sembilan poin dari pesaing terdekatnya, Tottenham Hotspur (45), yang menelan kekalahan memalukan melawan Wolverhamtpon (29) dalam laga lebih awal.

Liverpool memulai pertandingan dengan situasi tak cukup meyakinkan, diwarnai salah umpan di area sendiri oleh Fabinho yang direbut Alex Iwobi, beruntung kiper Alisson Becker cukup sigap menghentiknan tendangan sayap Arsenal itu.

Akan tetapi kecanggungan dan mudahnya jalur umpan Liverpool terbaca masih terus terjadi dan kali ini saat Dejan Lovren berusaha melepaskan umpan panjang bola berhasil direbut Arsenal. 

Iwobi lantas melakukan kerja sama satu dua sentuhan dengan Aaron Ramsey sebelum melepaskan umpan silang ke area tiang jauh di mana Maitland-Niles berlari bebas untuk meluncur dan mengarahkan bola ke gawang Liverpool demi membawa timnya unggul pada menit ke-11.

Namun gol tersebut seolah melecut semangat para pemain tuan rumah yang segera membalas dan berbalik memimpin dalam kurun waktu lima menit saja dari gol Maitland-Niles.

Pada menit ke-14, Firmino lebih dulu menyamakan kedudukan saat ia berhasil memanfaatkan bola liar di muka gawang.

Firmino awalnya menyodorkan umpan yang diterima dengan baik oleh Mohamed Salah yang berusaha menusuk ke dalam kotak penalti, namun bola berhasil dijegal oleh Granit Xhaka dan menjadi liar.

Bola berusaha disapu Stephan Lichsteiner namun membentur tubuh Shkodran Mustafi dan bergulir ke arah Firmino yang berlari serta cukup melakukan sontekan kecil tanpa melihat gawang demi memastikan gol penyama kedudukan pada menit ke-14.

Lantas dua menit berselang Firmino mencetak gol keduanya demi membawa Liverpool berbalik memimpin 2-1 saat ia berhasil merebut bola di depan kotak penalti Arsenal, sebelum menghindari jegalan tiga pemain lawan dan menyarangkan bola kembali ke gawang Bernd Leno.

Kendati Arsenal berusaha membalas namun serangan mereka selalu kandas di sepertiga akhir lapangan sedangkan Liverpool cukup tenang menjalani keunggulan mereka.

Liverpool kemudian memperbesar keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-32 dalam situasi menyusul sepak pojok yang disapu tak sempurna barisan pertahanan Arsenal. Bola jatuh ke kaki Andy Robertson yang melepaskan umpan lambung disambut satu sentuhan oleh Salah demi mengirimkannya ke muka gawang di mana Mane menanti dengan tembakan keras mengecoh Leno yang terlanjur menjatuhkan diri.

Arsenal kian terpuruk di pengujung babak pertama saat Salah dijatuhkan mudah oleh Sokratis Papastathopoulos di dalam kotak penalti dan wasit Michael Oliver segera menunjuk titik putih.

Salah yang menghadapi bolanya sendiri melepaskan tendangan keras yang meskipun berhasil ditebak arahnya oleh Leno namun tak mampu dihentikan demi mengalir deras ke dalam gawang dan membuat Liverpool unggul 4-1 saat menyudahi babak pertama.

Arsenal berusaha memulai pertandingan dengan baik di babak kedua, namun serangan mereka selalu mudah dipatahkan barisan pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk.

Sebaliknya Liverpool juga terus berusaha menekan tiap kali menguasai bola, hingga akhirnya mendapatkan hadiah tendangan penalti kedua yang berbuah dari pelanggaran cukup ringan Sead Kolasinac terhadap Dejan Lovren dalam situasi bola mati pada menit ke-64.

Salah memberikan kesempatan kepada Firmino untuk menjadi algojo, dan legiun Brazil itu dengan dingin mengecoh Leno demi melengkapi raihan trigolnya dalam pertandingan tersebut sekaligus memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 5-1.

Pada menit ke-85, Alexandre Lacazette terjatuh di dalam kotak penalti setelah mendapatkan kontak dari Nathaniel Clyne namun wasit mengabaikan permintaan penalti para pemain Arsenal.

Skor 5-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi sayup-sayup di antara semarak penonton Anfield.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgin van Dijk, Andy Robertson (Nathaniel Clyne); Georginio Wijnaldum (Adam Lallana), Fabinho; Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane (Jordan Henderson); Mohamed Salah

Pelatih: Juergen Klopp

Arsenal (3-4-2-1): Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner, Sokratis Papastathopoulos, Shkodran Mustafi (Laurent Koscielny); Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira, Granit Xhaka, Sead Kolasinac (Matteo Guendouzi); Aaron Ramsey, Alex Iwobi; Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette)

Pelatih: Unai Emery (G006).