Klopp terharu saat Salah berikan penalti kepada Firmino

id klopp

Klopp terharu saat Salah berikan penalti kepada Firmino

Juergen Klopp (Istimewa)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengaku terharu saat bintangnya Mohamed Salah berkenan memberikan kesempatan rekannya, Roberto Firmino, menjadi algojo tendangan penalti kedua dalam kemenangan 5-1 melawan Arsenal di Anfield, Minggu dini hari WIB.

Salah yang sebelumnya mengambil hadiah tendangan penalti pertama Liverpool di laga pekan ke-20 Liga Inggris tersebut, akan berada sendirian di puncak daftar top skor jika mencetak gol lagi.

Namun ia malah mempersilakan Firmino mengambil tendangan penalti, yang diberikan wasit Michael Oliver setelah pelanggaran ringan Sead Kolasinac terhadap Dejan Lovren itu.

"Ketika Mo (Salah) memberikan Bobby (Firmino) kesempatan menendang penalti saya hampir menangis," kata Klopp dalam komentar purnalaga yang dicuitkan akun twitter resmi Liga Inggris, @premierleague.

"Kita semua tahu betapa Mo ingin mencetak gol, tapi ia malah memberikannya kepada Bobby," ujarnya menambahkan.

Firmino lantas mengeksekusi penalti dengan dingin, mengecoh kiper Arsenal Bernd Leno yang melompat ke arah berlawanan demi memantapkan kemenangan 5-1 Liverpool.

Gol itu sekaligus melengkapi torehan trigol perdana Firmino bersama Liverpool, sekaligus ia menjadi legiun Brazil ketiga yang pernah mencatatkan raihan serupa di Liga Inggris setelah Robinho dan Afonso Alves.

Selain itu, melalui gol tersebut Firmino menajamkan catatan rekor yang dimilikinya sebagai pemain Brazil tersubur di Liga Inggris dengan catatan sementara 43 gol.

Catatan trigol itu juga melejitkan Firmino di daftar top skor sementara Liga Inggris saat ini dengan koleksi tujuh gol, meski masih terpaut jauh dari Salah yang berbagi posisi puncak bersama Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan Harry Kane (Tottenham Hotspur) dengan 13 gol.

Namun Firmino hanya terpaut satu gol dari rekan setim lainnya, Sadio Mane, yang turut mencetak satu gol dalam kemenangan kontra Arsenal dan kini telah mengumpulkan delapan gol.

Secara keseluruhan 28 dari 48 gol yang telah dicetak Liverpool hingga pekan ke-20 Liga Inggris, lahir dari trio Salah, Mane dan Firmino.