Presiden lantik duta besar luar biasa dan berkuasa penuh RI

id jokowi

Presiden Joko Widodo (kanan) melantik Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk negara sahabat di Istana Negara Jakarta, Senin (7/1/2019). Presiden melantik 16 Duta Besar LBBP untuk negara sahabat diantaranya Mahendra Siregar untuk Amerika Serikat, Abdul Kadir Jaelani untuk Kanada, Arrmanatha Nasir untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra Keharyapatihan Monaco dan UNESCO serta Hajriyanto Thohari untuk Republik Lebanon. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Presiden Joko Widodo melantik Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk sejumlah negara.

Dalam acara pelantikan yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta pada Senin, Presiden melantik 16 duta besar.

Sebanyak 16 dubes yang dilantik yakni Abdul Kadir Jaelani sebagai Duta Besar LBBP untuk Kanada merangkap ICAO, Abdurachman Budiono Dimas Wahab sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Hungaria, Al Busyra Basnur sebagai Duta Besar LBBP untuk Republik Demokratik Federal Etiopia merangkap Republik Djibouti dan African Union.

Berikutnya, Arrmanatha Christiawan Nasir sebagai Duta Besar LBBP untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra Keharyapatihan Monaco dan UNESCO, dan Cheppy T Wartono sebagai Dubes LBBP untuk Republik Meksiko Serikat merangkap Belize, Republik El Savador, dan Republik Guatemala.

Selain itu, Dewa Made Juniarta Sastrawan dilantik sebagai Dubes LBBP untuk Republik Zimbabwe merangkap Republik Zambia, Edy Yusup sebagai Dubes LBBP untuk Republik Federasi Brazil, Hajriyanto Thohari sebagai Dubes LBBP untuk Republik Lebanon, Julang Pujianto sebagai Dubes LBBP untuk Republik Suriname merangkap Republik Guyana, dan Lalu Muhammad Iqbal sebagai Dubes LBBP untuk Republik Turki.

Kemudian, tokoh yang juga dilantik adalah Mahendra Siregar sebagai Dubes LBBP untuk Amerika Serikat, Muhammad Anshor sebagai Dubes LBBP untuk Republik Chile, Siti Nugraha Mauludiah sebagai Dubes LBBP untuk Republik Polandia, Sunaryo Kartadinata sebagai Dubes LBBP untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kirgizstan, Tri Tharyat sebagai Dubes LBBP untuk Kuwait, serta Wajid Fauzi sebagai Dubes LBBP untuk Republik Arab Suriah.

Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan pena kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra Keharyapatihan Monaco dan UNESCO Arrmanatha Nasir ketika pelantikan di Istana Negara Jakarta, Senin (7/1/2019). Presiden melantik 16 Duta Besar LBBP untuk negara sahabat diantaranya Mahendra Siregar untuk Amerika Serikat, Abdul Kadir Jaelani untuk Kanada, Arrmanatha Nasir untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra Keharyapatihan Monaco dan UNESCO serta Hajriyanto Thohari untuk Republik Lebanon. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.)


Para dubes dilantik melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 1/T Tahun 2019 Tentang pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI.

Dalam acara itu, para duta besar yang dilantik mengucapkan sumpah jabatan yang dibimbing oleh Presiden.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan penuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa berkuasa penuh," demikian ucapan pengambilan sumpah jabatan para dubes oleh Presiden Jokowi yang diawali dengan sumpah berdasarkan agama masing-masing.

Dalam acara itu, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Kemudian Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Menteri Perhubungan Budi Karya sumadi, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf juga hadir pada acara tersebut.

Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Wakil KSAD Letnan Jenderal Tatang Sulaiman, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna turut datang dalam acara pelantikan.

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar