KPU Palu uji daya tahan kotak suara karton

id KPU Palu,KPU,Palu,Kota Palu

KPU Palu uji daya tahan  kotak suara karton

Salah seorang anggota KPU Palu berbobot 115 kilogram menduduki kotak suara yang terbuat dari bahan karton untuk menguji daya tahan dan kekuatannya di halaman Kantor KPU Palu, Rabu (9/1/2018). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

"Kotak suara karton ini dapat menahan beban hingga 80 kilogram. Kita juga memastikan jika kabel tis pengaman kota suara ini kuat dan tidak mudah dirusak serta tidak bisa dibuat duplikatnya," jelas Agussalim

Palu, (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar sosialisasi bahan kotak suara berbahan karton double wall, Rabu siang (9/1).

Sosialisasi yang digelar di halaman Kantor KPU Palu itu bertujuan menguji daya tahan dan kekuatan kotak suara karton.

Di depan Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming,  perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Palu dan Forum Koordinasi Pimpinan (Forkompinda) Palu, Ketua KPU Palu Agussalim Wahid memperagakan cara perakitan kotak suara karton tersebut.

"Sosialisasi ini kita lakukan mengingat kotak suara karton ini menjadi perbincangan hangat di media sosial dan menimbulkan pro kontra," kata Agussalim.

Setelah kotak suara dirakit, Agussalim kemudian menguji kekuatan kotak suara tersebut. Caranya salah satu anggota KPU menduduki kotak suara itu.

Saat diduduki salah seorang anggota KPU Palu yang diketahui memiliki bobot 115 kilogram,  kotak suara karton tersebut tidak rusak.

"Kotak suara karton ini dapat menahan beban hingga 80 kilogram. Kita juga memastikan jika kabel tis pengaman kota suara ini kuat dan tidak mudah dirusak serta tidak bisa dibuat duplikatnya," jelasnya.

Salah satu wartawan juga diberi kesempatan untuk menguji daya tahan kotak suara karton itu. Wartawan itu berdiri di atas kota suara dan sekali lagi tidak mengalami kerusakan.

"Pengujian daya tahan kotak suara ini kita lakukan untuk membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu yang diselenggarakan oleh KPU, baik pusat, provinsi, kota dan kabupaten," ujar Agussalim.

KPU juga mendemonstrasikan perlindungan kotak suara jika terendam atau tersiram air.

"Kotak suara ini terbungkus dengan plastik di luar dan dalam untuk menjaga dari kerusakan akibat air. Insya Allah kotak suara ini aman dari percikan air," jelas Agussalim.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengimbau seluruh anggota KPU kota dan kabupaten serta Petugas Pemungutan Suara (PPS) di seluruh desa, kelurahan dan kecamatan di Sulteng agar proaktif mensosialisasikan dan menyampaikan hasil pengujian kotak suara itu.

"Ini bukan hanya tugas dan tanggungjawab  KPU.  Ini tanggungjawab kita semua baik pemerintahnya, peserta pemilu dan masyarakat," kata Tanwir.

Ia juga meminta masyarakat agar tidak perlu khawatir terhadap potensi-potensi kecurangan dengan memanfaatkan kotak suara berbahan karton itu.

Tanwir yakin penyelenggaraan pemilihan presiden dan anggota legislatif di Sulteng akan berjalan seperi yang diharapkan semua pihak.

"Insya Allah ke depan tidak akan ada masalah terkait kemanan surat suara di dalam kotak suara," sebut Tanwir.

Pewarta: Muhammad Arsyandi
Editor: Basri Marzuki
COPYRIGHT © ANTARA 2019
Baca juga: KPU Palu : Caleg dan pemilih hilang tidak dicoretBaca juga: Parpol dan masyarakat diminta sinergi bangun pemilu