Polda Sulteng buru DPO terorisme Poso lewat Operasi Tinombala

id Poso, DPO terorisme, MIT

AKBP Hery Murwono Kabid Humas Polda Sulteng tengah didamping Kasubsatgas Humas Ops Tinombala 2019 AKP Winarto kiri dan kanan Kompol Sugeng Lestari Kasubbid Penmas Polda Sulteng saat konfrensi pers, Rabu. (Foto Antara/Sulapto Sali) (Foto Antara/Sulapto Sali/)

Palu (Antaranes Sulteng) – Polda Sulawesi Tengah menggelar kembali Operasi Tinombala mulai 7 Januari hingga 6 April 2019 guna memburu DPO kasus terorisme yang masih bersembunyi di hutan-hutan Kabupaten Poso dan Parigi Moutong.

“Pola operasi adalah operasi kepolisian kewilayahan dan Mabes Polri melakukan back-up serta melibatkan unsur TNI di dalamnya," kata Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hery Murwono kepada pers di Palu, rabu.

Wilayah Operasi Tinombala yang akan betrlangsung 90 hati ini meliputi Poso, Parigi Moutong dan Sigi, yang diperkirakan menjadi tempat persembunyian anggota Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) iti, katanya.

Hery mengatakan target operasi adalah menangkap DPO yang diduga masih tersisa atau bersembunyi di wilayah Kabupaten Poso maupun Kabupaten Parigi Moutong.

“Sampai saat ini jumlah DPO ada 14 orang yang terus diburu oleh aparat,” katanya.

Dalam operasi ini, kata dia, Polri bersinergi dengan TNI.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau agar para DPO segera menyerahkan diri. Karena dengan menyerahkan diri situasi akan berbeda,” ujarnya. 

Polri akan bertindak tegas namun terukur dalam upaya penegakkan hukum terhadap DPO, sesuai dengan esklasinya dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai hak azasi manusia.

Hery juga menghimbau masyarakat di wilayah operasi untuk bisa berpartisipasi mendukung upaya aparat keamanan Polri-TNI untuk cepat menangkap para DPO demi terciptanya situasi keamanan akan kondusif dan bebas dari ancaman terorisme. ***2***

Baca juga: Situasi Parigi Moutong aman pascabaku tembak polisi dan OTK
Baca juga: Operasi aman Tinombala di Poso kejar 10 DPO
 
Kepala Sub Satgas Humas Tinombala 2019 AKP Winarto menunjukkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terduga teroris Poso di Mapolda Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (9/1/2019). Jumlah DPO terduga teroris Poso yang kini diburu dalam operasi bersandi Tinombala bertambah dari 10 orang tahun 2018 menjadi 14 orang tahun ini. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/ama.
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar