KPU Palu : Tidak ada kotak suara yang rusak

id Palu,Kota Palu,KPu,KPU Palu

KPU Palu : Tidak ada kotak suara yang rusak

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid mempersilahkan salah satu warga menaiki kotak suara untuk menguji daya tahan kotak suara berbahan karton double wall tersebut. Pengujian daya tahan kotak suara dilakukan di halaman Kantor KPU Palu, Rabu siang (9/1). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Ada SOP yang kita lakukan sebelum dimasukkan dalam gudang yakni kita semprot dengan desinfektan dan memperhatikan ventilasi di gudang penyimpanan

Palu (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu memastikan tidak ada kotak suara karton yang rusak, menyusul adanya kotak suara yang ditemukan rusak di gudang penyimpanan KPU di beberapa kabupaten dan kota di Indonesia sehingga menjadi isu hangat di berbagai media sosial.

"Belum ada yang ditemukan rusak. Sesuai perintah KPU RI kita lakukan pengontrolan dengan memeriksa kondisi kotak suara tiap dua hari sekali," kata Ketua KPU Palu Agussalim Wahid di Palu, Kamis.

Agussalim mengatakan sebelum menyimpan kotak suara di gudang penyimpanan kotak suara di Kantor KPU Palu, pihaknya melakuan sejumlah langkah sebagai bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan KPU RI.

"Ada SOP yang kita lakukan sebelum dimasukkan dalam gudang yakni kita semprot dengan desinfektan dan memperhatikan ventilasi di gudang penyimpanan," kata Agussalim.

Upaya-upaya tersebut dilakukan lanjut Agussalim, agar kotak suara terhindar dari gangguan serangga dan tikus yang dapat merusak kualitas kotak suara.

Agussalim menerangkan kotak suara yang disimmpan di gudang penyimpanan kotak suara KPU Palu sebanyak 5.375 kotak suara berbahan karton double wall.

"Kotak suara ini juga dilengkapi dengan kabel ties yang berfungsi mengunci kotak suara dan dipastikan aman dan tidak bisa dipublikasi," terang Agussalim.

Nantinya sambung Agussalim, beberapa hari jelang pelaksanan pemilu kotak suara tersebut akan didistribusikan ke seluruh TPS dalam kondisi telah dirakit dan di dalam kotak suara terisi surat suara.***