Pemkab Banggai raih Adipura Kencana kelima kalinya

id adipura,kencana,banggai,luwuk

Piala Adipura (antaranews)

Luwuk (Antaranews Sulteng) – Pemerintah Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah kembali meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan Adipura Kencana untuk kelima kalinya, yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ini yang kelima kalinya,” kata Bupati Banggai Herwin Yatim di Luwuk, Sabtu.

Penghargaan Adipura pertama hingga ketiga diperoleh Kabupaten Banggai di era kepemimpinan Bupati Sudarto, pada tahun 1990 – 2011 silam. Kemudian pada tahun2017 lalu, Pemkab Banggai dibawah kepemimpinan Herwin Yatim kembali mendapatkan Adipura Kencana untuk keempat kalinya.

Menuru Bupati, penghargaan yang diperoleh Kabupaten Banggai sebanyak lima kali dan kedua kali di era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Mustar Labolo, semuanya adalah kerja-kerja dari masyarakat. Oleh karena itu, Ia menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari semua elemen masyarakat di Kabupaten Banggai.

“Semua yang namanya penghargaan atau anugerah dari pemerintah pusat, sesungguhnya adalah bagian dari kerja-kerja rakyat yang dikoordinir oleh pak kepala desa, pak lurah, pak camat sampai kepada perangkat daerah OPD dengan stafnya,” kata Bupati Herwin.

Ia menjelaskan, keberhasilan suatu daerah merupakan keberhasilan masyarakat Kabuapten Banggai. Apapun program pemerintah tanpa dukungan masyarakat maka hasilnya tidak akan maksimal. 

“Sebagai pimpinan daerah tentunya sangat merasa bahagia atas dukungan semua pihak. Terutama dukungan dari masyarakat yang mampu menunjukkan kinerja untuk bekerjasama dan terus berupaya membangun daerah,” kata Bupati Herwin.

Kata Herwin, Kabupaten Banggai sangat dimungkinkan untuk mendapatkan tambahan anggaran dari pemerintah pusat atas ganjaran dari penghargaan itu. Itu bisa dilihat dari perolehan penghargaan pada tahun 2017, dimana Kabupaten Banggai mendapatkan tambahan dari dana insentif daerah (DID) di tahun 2018.

Bupati Herwin juga mengungkapkan pemerintah kabupaten Banggai akan mendapatkan tambahan anggaran dari pemerintah pusat melalui DID sebesar Rp46,8 miliar untuk tahun 2019. Itu merupakan buah dari banyaknya prestasi yang berhasil dicapai pemerintah di tahun 2018. 

Menurut Bupati, pemerintah pusat selalu menilai kinerja pemerintah daerah melalui kegiatan-kegiatan yang luar biasa termasuk inovasi yang dilakukan daerah. Penilaian secara objektif oleh pemerintah pusat dan provinsi itulah yang kemudian membuat Kabupaten Banggai bisa mendapatkan tambahan anggaran.

Sebagai salah satu penerima penghargaan Adipura, Bupati Banggai Herwin Yatim telah mendapatkan undangan dari Kementerian LHK untuk dapat menghadiri penganugerahan pada tanggal 14 Januari 2019 di Gedung Manggala Wana Bakti, di Jakarta, yang direncanakan akan diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. 
Pewarta :
Editor : Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar