Trump prediksi AS akan capai kesepakatan dengan China

id trump

Trump prediksi AS akan capai kesepakatan dengan China

Presiden AS Donald Trump (reuters.com)

Washington,  (Antaranews Sulteng) - Presiden Donald Trump pada Senin (14/1) memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakatan dengan China untuk mengakhiri perang dagang yang sulit, dengan mengatakan Beijing ingin bernegosiasi dan bahwa pembicaraan berjalan dengan baik.

"Kami bekerja sangat baik dengan China," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih. "Saya pikir kita akan bisa melakukan kesepakatan dengan China."

"China ingin bernegosiasi," katanya.

Trump telah berjanji untuk meningkatkan tarif pada produk impor China senilai 200 miliar dolar AS pada 2 Maret, jika China gagal mengatasi pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa dan hambatan non-tarif lainnya.

Dua ekonomi terbesar dunia itu mengadakan pembicaraan tingkat menengah di Beijing pekan lalu, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada wartawan bahwa perunding perdagangan utama China, Wakil Perdana Menteri Liu He, kemungkinan akan mengunjungi Washington akhir bulan ini.

Pertemuan-pertemuan di China adalah diskusi tatap muka pertama sejak Trump dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Buenos Aires pada Desember dan menyepakati gencatan senjata 90 hari dalam perang dagang, yang telah mengganggu aliran barang-barang bernilai ratusan miliar dolar AS.