Ratusan Rumah Di Tojo Una Una Direndam Banjir

id BANJIR DI TOUNA

Ratusan Rumah Di Tojo Una Una Direndam Banjir

Illustrasi (ANTARANews)

Air merendam ke rumah warga hingga ketinggian sekitar satu meter."
Palu (antarasulteng.com) - Sekitar 200 rumah di Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Minggu malam, direndam banjir setelah diguyur hujan selama sekitar tiga jam.

Annes, warga Kecamatan Ampana, di Ampana, Senin, mengatakan hujan tersebut menyebabkan Sungai Toba meluap hingga ke rumah-rumah warga.

Banjir itu merendam rumah yang berada di Kelurahan Muara Toba dan Kelurahan Uentanaga Bawah yang kebetulan berada di sekitar Sungai Toba.

Air hingga merendam ke rumah warga hingga ketinggian sekitar satu meter.

Banjir tersebut juga menghanyutkan sebuah jembatan semi permanen namun tidak menyebabkan gangguan transportasi.

Annes mengatakan, ratusan warga sempat mengungsi ke lokasi daerah aman agar tidak terkena dampak banjir. Para pengungsi juga membawa sejumlah barang berharga seperti televisi, kasur dan peralatan elektronik lainnya.

Warga yang mengungsi tersebut mengaku, khawatir akan terjadinya banjir susulan karena langit masih mendung dan kemungkinan besar masih akan turun hujan.

Dia mengatakan, banjir berangsur surut sekitar pukul 24.00 WITA setelah terjadi banjir sekitar pukul 19.00 WITA.

Banjir tersebut tidak menyebabkan korban tewas atau korban luka-luka, namun lumpur dan pasir masih mengotori rumah-rumah.

Kecamatan Ampana yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una berjarak sekitar 430 kilometer dari Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan masih akan terjadi selama satu pekan ke depan terutama di wilayah timur Sulawesi Tengah, seperti di Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Una-Una, dan Kabupaten Poso. (R026)