Sulteng dapat bantuan Rp 717 juta dari DJKN

id Pemprov Sulteng

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menerima bantuan dana senilai Rp 717 Juta dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang diserahkan oleh Direktur Lelang DJKN Kementerian Keuangan, Lukman Efendi, di ruang kerja Gubernur Sulteng, Selasa. (Antaranews Sulteng/Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng) (Antaranews Sulteng/Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng/)

Palu, (ANTARANews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menerima bantuan langsung dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI senilai Rp717 Juta, untuk membantu korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala.

Bantuan itu diserahkan Direktur Lelang, DJKN, Lukman Efendi, yang diterima oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, di runag kerja Gubernur di Palu, Selasa.

"Pelayanan lelang Kementerian Keuangan membuka portal lelang secara nasional tujuannya untuk membantu masyarakat di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), yang terdampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi, dari portal lelang yang dilakukan didapat dana sebesar Rp717 Juta," ucap Direktur Lelang, DJKN, Lukman Efendi.

Lukman Efendi yang didampingi Kepala KPKNL Palu Rachmat Kurniawan menyampaikan bahwa dana yang dihasilkan lewat portal lelang sebesar Rp717 juta, dialokasikan sebesar Rp100 juta sumbangan bantuan langsung, dan Rp317 juta untuk pembangunan jaringan air bersih di Kabupaten Sigi dan Rp300 juta diserahkan kepada Propinsi Sulawesi Tengah untuk bantuan pada bidang pendidikan.

Ia juga menyebut bahwa lukisan anak-anak korban gempa dan likuifaksi Petobo laku terjual melalui portal lelang tersebut sebesar Rp16 juta sebanyak 7 lukisan.

"Terdapat 5 lukisan yang belum laku dilelang dan seandainya lukisan yang tersisa sudah laku nanti akan diberikan sebagai bantuan untuk membantu pemulihan dampak bencana Sulawesi Tengah," kata dia.

Terkait hal itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, dalam keterangan tertulis Biro Humas dan Protokoler Setda Pemprov Sulteng menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktur Lelang DJKN dan Kementrian Keuangan yang sudah memberikan perhatian dan empati kepada masyarakat Sulawesi Tengah khususnya daerah terdampak bencana.

Longki Djanggola mengatakan bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan dengan baik khususnya pada bidang pendidikan dan akan disampaikan laporan pemanfaatannya.

Dia juga menyebut bahwa pascabencana yang menimpa tiga daerah di Sulawesi Tengah, Menteri Keuangan dan rombongan langsung berkunjung ke Palu sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap masyarakat Sulawesi Tengah akibat dampak bencana.

Dia mengutarakan bantuan yang diberikan akan diserahkan kepada rekening yang ada di BPBD. Dalam keterangan tertulis Biro Humas Pemprov Sulteng di sebutkan bahwa setelah Gubernur Sulteng Longki Djanggola menerima secara simbolis dana bantuan yang diserahkan Lukman Efendi, ia langsung menyerahkan secara simbolis kepada Kepala BPBD Propinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga: Haris Kariming: keliru anggapan penolakan relokasi karena lemahnya Pemprov
 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar