Prabowo-Sandi akan fokus pada reformasi pajak

id prabowo

Prabowo-Sandi akan fokus pada reformasi pajak

Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno . (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.)

Kerangka reformasi perpajakan Prabowo-Sandi menginginkan lebih banyak perputaran ekonomi ada di masyarakat

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Mardani Ali Sera mengatakan pemerintahan Prabowo-Sandi akan fokus pada reformasi pajak bila nanti terpilih, yakni dengan menetapkan pajak yang rendah dan berkeadilan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

"Kerangka reformasi perpajakan Prabowo-Sandi menginginkan lebih banyak perputaran ekonomi ada di masyarakat," kata Mardani dalam diskusi Menilik Politik Pajak Rendah dan Berkeadilan di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Jumat.

Sehingga, katanya, diharapkan akan terjadi perluasan basis perpajakan nasional.

"Kalau pajak rendah, bunga bank makin rendah, jadi uang ada di sektor riil. Regulasi pajak rendah dan berkeadilan segera memperbaiki pengeluaran yang berkualitas, mana-mana rencana yang punya pengaruh tinggi akan dikelola. Pajak buku dihapuskan, keuntungan dibuat tetap," katanya. ?

Sementara itu, peneliti ekonomi Islam Universitas YARSI, Anis Byarwati mengatakan utang dan pajak bukanlah satu-satunya sumber pendapatan negara. ?

Menurut dia, negara juga perlu memberdayakan sumber pendapatan yang lain, salah satunya zakat.

"Zakat itu dibebankan untuk orang-orang kaya yang punya kemampuan. Itu harus diberdayakan juga. Jadi di samping pajak, kita buka lagi satu sumber pendapatan negara berupa zakat yang dibebankan kepada orang-orang kaya," kata Anis.