Taman Nasional Lore Lindu luncurkan aplikasi Simreli

id aplikasi,simreli,lindu

Taman Nasional Lore Lindu luncurkan aplikasi Simreli

Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) akhirnya launching Aplikasi SIMRELI (Sistem Informasi Manajemen Lore Lindu). (ksdae.menlhk.go.id)

Kami sudah lakukan peluncuran aplikasi SIMRELI dipusatkan di lokasi obyek wisata alam Danau Tambing yang terletak di Kabupaten Poso beberapa hari lalu
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu meluncurkan aplikasi SIMRELI (Sistem informasi managemen Lore Lindu) yang merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang dikembangkan khusus untuk membantu pengelolaan data konservasi di kawasan itu.

"Kami sudah lakukan peluncuran aplikasi SIMRELI dipusatkan di lokasi obyek wisata alam Danau Tambing yang terletak di Kabupaten Poso beberapa hari lalu," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Jusman di Palu, Sabtu

Ia mengatakan aplikasi tersebut akan sangat membantu para petugas dalam proses pengumpulan data aktivitas ilegal flora dan fauna yang ada dalam kawasan konservasi.

Melalui sistem aplikasi dimaksud, kita bisa monitoring kondisi habitat dan ancaman terhadap flora dan fauna? yang dilakukan oleh pihak-pihak dan oknum masyarakat tak bertanggungjawab.

Program ini, kata dia, dibiayai oleh dana hibah luar negeri kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerinah Jerman melalui Forest Program III.

Jusman menambahkan saat launching aplikasi SIMRELI dihadiri perwakilan KFW,GIZ,BAppenas dan Direktorat PIKA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dia menjelaskan, pada prosesnya, SIMRELI telah didesain semudah mungkin untuk dioperasikan dan memberikan laporan secara langsung on-line reporting berdasarkan kondisi lapangan dalam bentuk digital sehingga data langsung tersimpan di bank data Lore Lindu.

?Data-data tersebut selanjutnya dapat ditampilkan dalam bentuk laporan, peta, grafik ataupun tabulasi sehingga membantu managemen pada proses pengambilan keputusan (decision supports system-DSS) secara efektif dan efisien.

Dia juga mengatakan obyek wisata Danau Tambing termasuk destinasi wisata menarik dan unik yang setiap tahunnya terus dibanjiri para wisatawan mancanegara.

Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke lokasi wisata terletak pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut tersebut karena terdapat beberapa daya tarik seperti tempat berkemah,mendaki gunung, taman anggrek, danau tempat memancing ikan air tawar dan "surga" berbagai jenis burung, termasuk endemik Sulawesi dan endemik di kawasan cagar biosfer Lore Lindu.

Kebanyakan wisatawan mancanegara yang datang hanya ingin mengamati dan mendengarkan suara merdu burung yang hidup dan berkembangbiak di hutan di sekitar obyek wisata alan Danau Tambing.
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar