Parigi Moutong gencarkan pelayanan kependudukan di wilayah terpencil

id Dukcapil, KTP-el, Parigi moutong

Parigi Moutong gencarkan pelayanan kependudukan di wilayah terpencil

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Parigi Moutong, Lewis. (Antaranews Sulteng/Moh Ridwan)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menggencarkan pelayanan kependudukan di wilayah-wilayah terpencil di kabupaten itu guna merampungkan pelayanan hak-hak pencatatan sipil kepada masyarakat. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Parigi Moutong Lewis, di Parigi, Minggu mengatakan, pemerintah sebagai pelayan publik  memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat khususnya dalam penyelenggaraan pencatatan sipil. 

"Sistem pelayanan kami adalah menjemput bola karena kami berupaya semua warga Parigi Moutong di wilayah terpencil tercatat dalam dokumen kependudukan, " katanya. 

Menurut Lewis, seiring dibukanya Kantor Perwakila Dukcapil di Kecamatan Tinombo untuk mendekatkan pelayanan di wilayah utara kabupaten itu, diharapkan lebih memudahkan warga mengakses pembuatan dokumen administrasi yang dibutuhkan. 

"Selain wilayah terpencil, kami juga akan turun ke desa-desa melakukan perekaman KTP-el gunan mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan, " ujarnya 

Meski terkadang hambatan persendiaan blanko KTP-e, menurutnya, tidak menjadi masalah, karena pihaknya mengeluarkan surat keterangan yang bersifat sementara dan legalitasnya dijamin undang-undang.

"Jika warga susah melakukan perekaman namun KTP-el belum tercetak, maka sebagai gantinya untuk sementara kami terbitkan surat keterangan digunakan sebagai keperluan pengursan dokumen lainnya bersifat mendesak, " tambahnya. 

Kata dia, sejauh ini pemkab Parigi Moutong tetap konsiaten dalam hal peningkatan pelayanan publik, bukan hanya dari sisi pelayanan kependudukan, tetapi secara kolektif.

Sebelunnya, Bupati Samsurizal Tombolotutu mengatakan, pendekatan pelayanan terhadap warganya dengan membuka kantor perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tinombo, tidak berkaitan dengan rencana pemekaran. 

Dijadwalkan dalam waktu dekat, tim pengkajian Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) akan meninjau kantor perwakilan OPD Pemkab Parigi Moutong. 

Peninjauan itu guna memastikan kesiapan pemerintah setempat dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pemerintahan. 
Baca juga: Tim Kemendagri akan tinjau Kantor Perwakilan OPD Parimo di Tinombo
Baca juga: Mendagri setujui pembanngunan kantor perwakilan OPD Parigi Moutong