Habib Ali : MUI Sulteng benteng aqidah umat (vidio)

id MUI

Habib Ali : MUI Sulteng benteng aqidah umat (vidio)

Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat, KH Abdullah Jaidi, mengukuhkan pengurus MUI Sulteng masa khidmah 2018 - 2023, di Wisma Haji Palu, Senin. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji) (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji/)

Palu (Antaranews Sulteng) – Ketua Umum MUI Sulawesi Tengah Habib Ali Bin Muhammad Aljufri menyatakan lembaga yang di pimpinnya menjadi benteng aqidah umat Islam.

“MUI menjadi benteng aqidah Islam. MUI, salah satu tugasnya menyiapkan kader-kader ulama,” ucap Ketua MUI Sulteng Habib Ali Bin Muhammad Aljufri, di Palu, Senin.

Habib Ali mengemukakan, MUI dengan peran tersebut, akan menyiapkan kader-kader ulama handal yang bisa secara bergilir turun di masyarakat. 

Dalam kegiatan dakwah itu, sebut dia, MUI sangat berharap adanya bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah.

Terkait hal itu, Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat, KH Abdullah Jaidi mengemukakan, MUI Sulteng dalam perannya perlu mengedepankan tiga aspek.

Pertama, sebut dia, MUI sebagai pelayan umat, karena itu program-program MUI harus menjawab masalah yang dihadapi umat.

Kedua, Mui sebagai penuntun umat. Yaitu, MUI harus berperan mengarahkan dan menuntun umat dalam pelayanannya.

“Misalkan mengarahkan umat untuk bagaimana mengkonsumsi makanan yang halal, serta memperoleh harta yang halal,” sebut KH Abdullah Jaidi.

Kemudian, sebut dia, MUI juga harus menjaga aqidah umat, yaitu merawat aqidah agar tidak terpengaruh dengan faham dan aliran intoleransi atau radikal.

“Hal ini agar terjalin hubungan antarsesama manusia yang baik, serta antarumat beragama,” sebut dia.

Terakhir, ia berpesan, MUI Sulteng harus senantiasa berbenah agar roda organisasi selalu sehat yang ditandai dengan program kerja yang jelas, serta didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai.

“Ada empat hal yang perlu di perhatikan dalam mewujudkan organisasi yang sehat yaitu, adanya program kerja yang jelas, adanya SDM yang memadai, ketersediaan anggaran, dan standar mengelola organisasi. Nah sering kali menjadi masalah terkait ketersediaan anggaran yang memadai,” ujar dia.

Ia menambahkan, MUI sangat berharap adanya keterlibatan pemerintah untuk bekerjasama dengan MUI dalam upaya pembinaan umat.

Pejabat Mewakili Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Asisten Administrasi Umum dan Organisasi Muliono menjelaskan bahwa support itu dimungkinkan melalui mekanisme bantuan hibah kepada organisasi.

“Tapi mesti diusulkan setahun sebelumnya karena masuk di APBD,” kata Muliono menanggapi permintaan tersebut.

Habib Ali Bin Muhammad Aljufri dikukuhkan sebagai Ketua MUI Sulteng masa khidmah 2018 – 2023. 

Pengukuhan pengurus MUI Sulawesi Tengah masa khidmah 2018 - 2023, yang di kukuhkan unsur pimpinan MUI Pusat Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi, berlangsung di Wisma Haji Palu.