Kemendes-PDTT siap bantu pasarkan produk unggulan Parigi Moutong

id Produk unggulan, pemasaran produk, kemendes, parimo

Kemendes-PDTT siap bantu pasarkan produk unggulan Parigi Moutong

Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE (Kanan) beraudiensi dengan Dirjen PDT, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-Pdtt),  Samsul Widodo dan pihak Perusahaan terkait rencana pemasaran hasil produk perikanan dan pertanian Kabupaten Parigi Moutong di Jakarta, Rabu (6/2) (Antaranews Sulteng/Istimewa)  

Parigi (Antaranews Sulteng) - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) mengaku siap membantu memasarkan produk unggulan sektor perikanan dan pertanian yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. 

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, Kamis mengatakan, saat ini daerahnya memiliki berbagai produk unggulan seperti sektor perikanan yakni rumput laut dan subsektor hortikultura kelor yang saat ini telah dikembangkan menjadi produk olahan. 

"Selain dua komoditas itu perlu pengkajian lebih jauh produk apa saja memiliki prospek untuk di pasarkan," ujarnya. 

Produk unggulan dimiliki kabupaten itu menargetkan segmen pasar internasional melalui kerja sama dibangun dengan pemerintah pusat menggunakan sistem pemasaran online.

Saat audiensi dengan Dirjen PDT Kemendes, Wabub berharap agar komoditas perikanan dan pertanian Parigi Moutong bisa segera diidentifikasi untuk dipasarkan sesuai dengan syarat yang diinginkan oleh konsumen. 

Kementerian Desa, Katanya, akan melibatkan sejumlah perusahaan di Jakarta melatih pelaku usaha di Parigi Moutong, termasuk membantu pemasaran menggunakan sistem online.

"Kami ingin kerja sama yang sudah dibangun dapat mendorong ekonomi masyarakat, apa lagi pemasaran menggunakan sistem online akan lebih membuka peluang pasar, " ucapnya. 

Dirjen PDT Samsul Widodo mengaku banyak memperoleh referensi terkait potensi unggulan Parigi Moutong kkhususnya di dua sektor perikanan dan pertanian. 

"Kami siap membantu pemerintah Parigi Moutong memasarkan produk unggulan mereka, " kata Samsul. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong Efendi Batjo menambahkan, pihak perusahaan yang ditunjuk Kementerian Desa akan melatih masyarakat yang bergelut di disektor perikanan dan pertanian untuk menjadi operator sekaligus admin pemasaran guna mensukung keberhasilan pemasaran produk.

"Rencananya Februari 2019 ini perusahaan yang terlibat kerjasama akan melatih masyarakat Parigi Moutong, " papar Efendi. 

Dia menyebut, jika proses indentifikasi komoditas yang paling dibutuhkan negara-negara luar sebagai sasaran pasar sudah terdeteksi, maka masyarakat bisa langsung memasarkan produk mereka tanpa interfensi perushaan dan pemerintah.