DPRD Palu minta pemkot dukung usaha PKL kepariwisataan

id DPRD Palu,Kota Palu,Palu,PKL,Pemkot Palu

DPRD Palu minta pemkot dukung usaha PKL kepariwisataan

Anggota DPRD Kota Palu mengikuti jalannya rapat paripurna dengan agenda pandangan umum seluruh fraksi terhadap tiga buah rancangan peraturan daerah (raperda) Kota Palu di ruang sidang utama DPRD Kota Palu, Jumat siang (8/2). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu  (Antaranews Sulteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu meminta pemerintah kota mendukung penuh usaha Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) yang berorientasi terhadap pengembangan kepariwisataan.

Mengingat  kunjungan turis lokal maupun asing untuk  berwisata menikmati pemandangan alam di Kota Palu pascabencana gempa, tsunami dan likuefaksi menurun drastis sehingga perlu dilakukan berbagai cara untuk mengambalikan animo wisatawan melancong ke Palu.

"Pemkot Palu perlu memasukkan kewajiban pemerintah untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi PKL yang jenis usahanya menunjang pengembangan pariwisata di Kota Palu," kata Juru Bicara Fraksi Gerindra DPRD Palu Anwar Lanasi dalam rapat paripurna di DPRD Palu, Jumat sore (8/2).

Dalam pemandangan umum Fraksi Gerindra terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Palu tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 tahu  2017 tentang Pembinaan dan Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan, Anwar Lanasi meminta PKL tersebut diberi bantuan salah satunya berupa modal usaha.

"Dukungan yang diberikan baik peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) maupun dukungan berupa modal usaha bagi mereka,"ucap Anwar.

Ia berharap aspirasi itu dapat diimplementasikan oleh Pemkot Palu dalam butir-butir ketentuan di dalam raperda tersebut.

Sementara itu Juru Bicara Fraksi PKB Nasir Dg Gani meminta Pemkot Palu perlu melakukan pendekatan kepada PKL agar koordinasi antara pemerintah kota dan PKL demi mengimplementasikan raperda tersebut jika nantinya disahkan menjadi peraturan daerah dapat terwujud tanpa menggunakan kekerasan.

"Terhadap raperda ini Fraksi PKB menyambut baik karena sejalan dengan visi dan misi Pemkot Palu untuk menghidupi sistem perkotaan yang seimbang, aman , tertib, lancar dan sehat yang tetap menjaga keseimbangan kebutuhan lain,"kata Nasir.