LIPI prioritaskan peningkatan infrastruktur riset

id lipi,handoko

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko (ANTARA/Virna P Setyorini)

Untuk tahun ini kami masih prioritas di infrastruktur riset, baik mendukung riset itu sendiri maupun mendukung ekonomi berbasis riset

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mengatakan tahun 2019, pihaknya fokus pada pembangunan dan peningkatan infrastruktur riset.

"Untuk tahun ini kami masih prioritas di infrastruktur riset, baik mendukung riset itu sendiri maupun mendukung ekonomi berbasis riset," kata Handoko saat dihubungi Antara, Jakarta, Minggu.

Handoko menuturkan LIPI akan menyelesaikan infrastruktur untuk biomaterial, biomedik, pendukung metrologi kimia, ekonomi kreatif digital, serta repositori dan depositori data ilmiah.

Dia menuturkan semua infrastruktur tersebut adalah infrastruktur riset strategis yang belum ada, dan akan menjadi fasilitas riset nasional yang bisa diakses oleh semua kalangan termasuk akademisi dan industri.

Pembangunan infrastruktur riset untuk seluruh peneliti Indonesia itu ditujukan untuk memperbanyak hasil penelitian dan meningkatkan kualitas riset.

Sebelumnya, LIPI menargetkan akan mencetak sebanyak 100 profesor riset pada 2019 untuk meningkatkan kebutuhan dan kualitas profesor riset.

Handoko mengatakan para profesor riset sangat diperlukan untuk penelitian secara kelompok dengan kolaborasi dari berbagai instansi.

"Karena memang kurang. Bukan hanya untuk peneliti LIPI, kita setidaknya kalau punya grup riset minimal harus ada satu profesor riset," katanya. 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar