Musrembang kluster satu dibuka Wabup Poso

id Musrembang, wabub poso, kluster satu

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (kiri) dan Wabub Toto Samsuri (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Poso (Antaranews Sulteng)  - Wakil Bupati Poso Ir Samsuri, M.Si membuka pelaksanaan Musrembang tingkat Kecamatan wilayah Kluster I (Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan dan Kecamatan Lage) di Aula Bapelitbangda Poso.

Menurut Wabup, musrenbang tahun 2019  sangat penting dan strategis, karena bagi pemerintah daerah setempat merupakan tahun percepatan pembangunan, dalam rangka mewujudkan ikon daerah melalui pelaksanaan program prioritas, dengan meningkatkan pelayanan dasar masyarakat baik dari bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. 

"Kami ingin meningkatkan daya saing komoditas unggulan daerah dibidang pertanian, perkebunan dan pariwisata sekaligus mengoptimalkan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik bersih dan berkeadilan," ungkap Samsuri. 

Dikesempatan itu, Wabup menjelaskan letak strategis wilayah Kabupaten Poso khususnya wilayah kluster satu  memliki dampak transformasi sosial, budaya dan ekonomi cukup tinggi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan. 

"Saya ingatkan para Lurah pengelolaan dana kelurahan digulirkan pemerintah dilaksanakan sebaik-baiknya dan wajib melibatkan seluruh unsur masyarakat secara transparan dan akuntabel," tambahnya. 

Kepala Bapelitbangda Poso Ir, Herningsih Tampai, M.Si menyebu, dasar pelaksanaan musrembang tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, dan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta peraturan daerah nomor 8 tahun 2010 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah kabupaten poso.

Sehingga setiap tahun pemerintah daerah wajib menyusun dokumen Rencana Pembangunan Jangka Pendek  yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Rkpd) sebagai rencana tahunan yang menjadi pedoman penyusunan RAPBD tahun Berikutnya.

Dari kegiatan itu, masing-masing kecamatan wilayah kluster satu menyerahkan program unggulan dan prioritas yang sebelumnya telah disampaikan diforum musrembang tingkat desa dan kelurhan untuk dibawa dalam Musrembang tingkat Kabupaten.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar