Puluhan Pelaku Bentrok Sigi Ditangkap

id Bentrok, Sigi, Tangkap, Polisi

Puluhan Pelaku Bentrok Sigi Ditangkap

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Dewa Parsana (tengah) mengamati senjata tradisional yang diserahkan oleh warga yang terlibat bentrok usai istighosah perdamanaian di Desa Vatunonju, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi, Sulteng, Minggu (20/5). (ANTARA/Basri Marzuki)

"Kami harus bertindak tegas guna menciptakan keamanan karena bentrok telah meresahkan warga,".
Palu - Aparat Polri dan TNI menangkap sekitar 20 orang yang terlibat bentrok antarwarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa.

Kapolres Donggala AKBP Sururi mengatakan puluhan orang itu terpaksa ditangkap karena tidak mau diperingati petugas untuk membubarkan diri saat bentrok berlangsung.

Puluhan orang itu kemudian diperiksa dan didata identitasnya di Mapolsek Marawola.

Para pelaku bentrok itu berasal dari Desa Beka dan Desa Binangga yang selama dua hari terakhir terlibat bentrok.

Saat penangkapan, sejumlah warga protes kepada aparat agar anggota keluarganya tidak dibawa ke kantor polisi. "Kami harus bertindak tegas guna menciptakan keamanan karena bentrok telah meresahkan warga," katanya.

Warga yang terlibat bentrok mempersenjatai diri dengan senapan angin, tombak, parang, dan senjata api rakitan.

Aparat keamanan berulang kali membubarkan bentrok dengan membunyikan tembakan peringatan ke udara. Petugas juga telah menyita puluhan senjata dari warga kedua desa yang terlibat bentrok.

Bentrok antarwarga itu diduga dipicu oleh pesan singkat (SMS) gelap oleh provokator yang sengaja ingin membuat keamanan terganggu.

Saat ini seratusan polisi dan TNI masih menjaga perbatasan kedua desa untuk menghindari bentrok susulan.(R026)