BUMN Apresiasi Siswa Dan Guru Berprestasi

id siswa, guru, prestasi

BUMN Apresiasi Siswa Dan Guru Berprestasi

Ilustrasi- Guru dan Siswa Berprestasi (fotoantara)

Jakarta, (antarasulteng.com) - Sebanyak 27 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada 450 guru dan siswa berprestasi yang berasal dari daerah terpencil, pulau terdepan dan perbatasan Indonesia.

Apresiasi secara simbolis diberikan berupa jaringan internet, dana pendidikan, dana pembangunan sekolah yang diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan 2012 tersebut, memiliki tiga program besar yaitu pemberian apresiasi Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi, renovasi gedung seklolah, dan bantuan buku-buku perpustakaan.

"Dana BUMN Peduli Pendidikan ini dialokasikan sebesar Rp60 miliar yang berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN," ujar Dahlan.

Pada kesempatan itu Dahlan langsung berbincang dengan sekitar 100 siswa dan guru yang berasal dari 5 kabupaten yaitu Kabupaten Tahuna, Kawio, Kawaluso, Talaud dan Lombok.

Dialog berlangung hangat, karena Dahlan meladeni para siswa dan guru mulai dari keluhan kekurangan fasilitas pendidikan, kekurangan tenaga pengajar, putus sekolah karena kemiskinan, hingga pertanyaan bagaimana Dahlan Iskan bisa menjadi seorang Menteri.

Seluruh peserta program BUMN Peduli Pendidikan tersebut akan mendapatkan penghargaan dari BUMN berupa piagam dari Menteri BUMN, perangkat teknologi informasi dan komunikasi dengan internet, training.

Selama berada di Jakarta, peserta melakukan studi banding mengenai implementasi Sekolah Rintisan Sekolah Berbasis Berbasis Internasional (RSBI), kunjungan ke Museum Iptek, dan serangkaian kegiatan wisata budaya seperti Taman Mini Indonesia Indah, dan Trans Studio Bandung.

BUMN Peduli Pendidikan 2012 ini dikoordinasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), dengan donasi antara lain PTPN III, VI, PTPN XI, Petrokimia Gresik, Pupuk Kaltim, Pupuk Kujang, Aneka Tambang, Timah, Tambang Batubara Bukit Asam, Pertamina, Semen Gresik, Krakatau Steel, Jasa Marga, Bank Mandiri, Bank BNI, Jamsostek.

Direktur Keuangan PGN M Riza Pahlevi mengatakan, BUMN berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan untuk memgeliminir kesenjangan, sehingga kemapanan tekonologi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebelum acara penyerahan apresiasi tersebut, seluruh siswa dan guru pada pagi hari pukul 05:30 WIB menyempatkan diri melakukan senam pagi bersama Dahlan Iskan di Lapangan Monas.

Di akhir dialog interaktif, Dahlan mengumumkan seluruh peserta mendapatkan buku "Sepatu Dahlan" yang mengisahkan masa kecil Dahlan saat menempuh pendidikan dari SD hingga SMP.(R017/SKD)