IGJ: capres harus pahami konsep industri 4.0

id debat

IGJ: capres harus pahami konsep industri 4.0

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

(Capres) terkesan miskin pemahaman soal industri 4.0

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice (IGJ) Rachmi Hertanti menyatakan bahwa kedua calon presiden harus benar-benar memahami konsep mengenai Industri 4.0 yang kerap dibicarakan berbagai pihak akhir-akhir ini.

"(Capres) terkesan miskin pemahaman soal industri 4.0," kata Rachmi Hertanti kepada Antara di Jakarta, Senin.

Rachmi mengemukakan hal tersebut ketika ditanyakan pendapatnya mengenai Debat Capres 2019 Putaran Kedua yang berlangsung Minggu malam (17/2).

Menurut dia, pembahasan yang ada terkait industri 4.0 hanya mengenai penggunaan "e-commerce" untuk pemasaran produk pertanian.

Namun, lanjutnya, para capres tidak membahas mengenai industri 4.0 macam apa yang akan dibangun pada sektor pertanian.

"Perlu diingat, soal ekonomi digital itu bukan hanya sekadar 'e-commerce', tapi perlu ada pemahaman menyeluruh mengenai isu ekonomi digital, 'internet of things', dan kaitannya dengan industri," kata Direktur Eksekutif IGJ. 

Pemerintah menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi, guna menghadapi berbagai tantangan pada era Industri 4.0.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan merupakan tugas pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyiapkan lulusan-lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki kualifikasi memadai.