Kenaikan tiket penerbangan berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan

id pariwisata

Kenaikan tiket penerbangan berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan

Ilustrasi (Foto Antara)

Palu (Antaranews Sulteng) - Ketua Bidang Perdagangan Kadin Sulawesi Tengah Achrul Udaya mengatakan kenaikan harga tiket penerbangan dan pengurangan jatah bagasi barang yang bebas bayaran oleh maskapai penerbangan dalam negeri dipastikan berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan ke daerah ini selama 2019.

Jika jumlah kunjungan menurun, maka bukan hanya devisa negara yang turun, tetapi juga pendapatan para pelaku usaha pariwisata dan masyarakat di sekitar obyek wisata ikut merasakannya.
"Pemerintah harus campur tangan karena dampaknya bukan hanya pada sektor pariwisata, tetapi juga usaha-usaha lainnya," katanya di Paluj, rabui.

Achrul mengemukakan naiknya harga tiket dan pembatasan bagasi penumpang yang diberlakukan maskapai penerbangan beberapa waktu lalu langsung berdampak.

Sejumlah bandar udara di dalam negeri, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta terlihat agakt sepi penumpang baik yang tiba maupun yang diberangkatkan.

"Dan ini sangat memukul pelaku usaha yang selama ini membuka konter dagangan di setiap bandara yang ada di Tanah Air, termasuk di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu," ujar Achrul yang juga Ketua Harian Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (Gapei) Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Menurut dia, sektor pariwisata yang menjadi unggulan perolehan devisa negara selama ini bisa terpuruk. Apalagi bila suhu p[olitik di dalam negeri menjelang pemuli dan pilpres tidak stabil, maka dampaknya akan semakin besar.

"Dua faktor itu juga akan sangat berpengaruh besar terdapat kunjungan wisatawan, terutama wisatawan mancanegera," ujarnya.

Hal senada juga dikeluhkan Ny Yanos, seorang pelaku usaha makanan di Bandara Mutiara Palu yang mengaku dalam beberapa bulan terakhir ini penghasilannya menurun karena penumpang sepi.

Ia tidak merinci penurunan pendapatan dari hasil penjualan makanan tersebut, kecuali membenarkan dampaknya cukup terasa.

Dia juga berharap pemerintah bisa melakukan intervensi atas kenaikan tarif dan pengurangan bagasi penumpang agar tidak merugikan banyak pihak.