Gubernur Longki Djanggola jabat Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

id APPSI,LONGKI DJANGGOLA

Gubernur Longki Djanggola jabat Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) menyerahkan pataka APPSI kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola di Padang, Rabu (20/2) malam. (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi didapuk untuk menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggantikan Dr Soekarwo yang berhenti karena berakhirnya masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur.

Soekarwo di depan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan para gubernur se-Indonesia yang akan mengikuti Rakernas APPSI 2019 itu, menyerahkan bendera berlambang APPSI kepada Longki Djanggola di Grand Ina Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (20/2).

Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng Moh. Haris Kariming kepada wartawan mengatakan bahwa Gubernur Longki Djanggola yang selama ini menjabat wakil ketua, akan memimpin APPSI hingga terselenggaranya Munas pada November 2019 nanti.

Serahterima jabatan Ketua Umum APPSI didahului Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum APPSI Masa Bakti 2015-2019.

Longki Djanggola dalam sambutannya mengatakan akan melanjutkan perjuangan Ketua Umum APPSI sebelumnya bersama para gubernur untuk memajukan seluruh pemerintah provinsi. 

"Perjuangan masih panjang karena masih banyak upaya-upaya penyempurnaan yang harus dilakukan oleh provinsi," katanya.


Meski masa kepemimpinannya hanya akan berlangsung selama sembilan bulan hingga digelarnya Munas APPSI November 2019, namun Longki memastikan akan menjalankan roda organisasi dan semua program bersama pengurus lainnya, termasuk menjalankan program yang dihasilkan dalam Rakernas 2019. 

Ia juga menyampaikan harapannya agar dalam Munas APPSI di Jakarta November 2019, anggota APPSI akan akan memilih ketua umum baru yang lebih muda dan energik. 

"Insyaallah pada Munas nanti kita bisa memilih ketua umum sesuai harapan bersama," ujar Longki yang akan mengakhiri masa jabatan periode kedua selaku Gubernur Sulteng pada 2021 itu.

Setelah menerima jabatan Ketua Umum APPSI dari mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Longki kemudian membuka Rakernas APPSI 2019 yang dijadwalkan akan menghadirkan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla untuk membirikan pengarahan.