Festival Pesona Teluk Tomini dihelat April 2019

id FPTT, Parigi Moutong, pariwisata

Festival Pesona Teluk Tomini dihelat April 2019

Dok: Peserta Tomini Fashion Karnaval menampilkan busana elegan bertema bahari yang berlangsung di halaman kantor Bupati Parigi Moutong Kamis (Antarsnews Sulteng/Moh Ridwan)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Kegiatan kepariwisataan bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan dihelat kembali pada April 2019 sesuai kalender nasional Kementerian Pariwisata. 

"Penyelengaraan Festival Pesona Teluk Tomini 2019 diawali dengan pemilihan putra putri bahari mula 19-22 April mendatang," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan FPTT di Parigi, Rabu. 

Bupati meminta instansi terkait mempersiapkan dengan matang seluruh agenda kegiatan kepariwisataan.

Ia menegaskan bahwa pemilihan putra putri bahari harus melalui seleksi ketat terutama mengenai kesehatan peserta. 

Pelaksanaan kegiataan itu bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah yang akan dipusatkan di Parigi.

"Jika tidak ada perubahan jadwal, penutupan FPTT dilanjutkan pembukaan Porprov VIII. Dua agenda kegiatan berbeda diharapkan meriah," tambahnya.

Bupati berpesan jika kedua kegiatan itu disatukan maka panitian FPTT dan Porprov duduk bersama merumuskan konsep yang ideal. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Parigi Moutong Zulfinachri mengatakan, saat ini pihaknya bersama KONI setempat sedang meramu dua agenda besar di parigi sehingga bisa menjadi sajian yang menarik untuk publik.

Zulfinacri menjelaskan, setelah pemilihan putra putri bahari berdasarkan jadwal dilanjutkan dengan lomba Fotografi obyek wisata 22 April, Festival Musik Tradisional 19 - 21 April, Festival Kuliner 19 - 22 April dan Tomini Feshion Carnival 22 April 2019. 

Zulfinacri menyebut pihaknya saat ini tengah mematangkan agenda kegiatan FTT agar pelaksanaannya nanti berjalan sesuai harapan. 

Selain FPTT, katanya, pada Oktober mendatang instanai dipimpinnya tengah mempersiapkan sejumlah kegiatan kepariwisaat yang dinilai dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di kabupaten itu, diantaranya Festival Come Aimo, marathon equator 10 kilometer, roto underwater, lomba sumpit tradisional, Adat Masoro, lomba panahan, lomba perahu layar, lomba arum jeram dan International Triathlon.

"Kami ingin kegiatan kepariwisataan ini berdampak pada peningkatan kunjungan wisata di Parigi Moutong melalui dukungan Kementerian Pariwisata serta berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat" harapnya. 

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong itu menambahkan, sesuai petunjuk Kementerian Pariwisata, agenda kepariwisataan yang telah disusun melalui Festival Come Aimo menyasar wisatawan Eropa.