Pansus DPRD Palu selesaikan pembahasan tiga ranperda

id Dprd palu,Dprd kota palu,Palu,Kota palu

Pansus DPRD Palu selesaikan pembahasan tiga ranperda

Wakil Ketua Pansus Dua DPRD Palu Bernadet L Sallata mebacakan laporan pansus dua terhadap Raperda Kota Palu tentabg Kesehatan Reproduksi dalam sidang paripurna di ruang sidang utama DPRD Palu, Jumat siang (22/2). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu (Antaranews Sulteng) - Panitia khusus (pansus) DPRD Kota Palu menyelesaikan pembahasan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Palu yang sebelumnya dibahas oleh dua pansus.

Pansus satu yang diketuai Muh. Rum membahas Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pembinaandan Penertiban Pedagang Kreatif Lapangan. Kemudian Raperda tentang Pemberian Fasilitas dan Kemudahan Investasi pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Sementara pansus dua yang diketahui Rizal membahas Raperda  tentang Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi.

"Rekomendasi kami memastikan masterplan dan pemetaan penempatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dan memastikam kepemilikan tanah yang ada di sana," kata Rum saat menyampaikan lapkran pansus dalal sidang paripurna DPRD Palu, Jumat pagi (22/2).

Selanjutnya Rum meminta Pemerintah Kota Palu agar lebih memperhatikan pembangunan sarana dan infrastruktur untuk kawasan ekonomi khusus.

Kemudian Pemkot Palu diminta melakukan pendataan di KEK agar tidak tumpang tindih dalam pembebasan lahan nantinya.

"Meminta pembebasan lahan di KEK agar dapat menarik minat investor berdasarkan hasil tinjauan lapangan oleh anggita pansus pada 18 Februari," ujar Rum.

Sementara itu Wakil Ketua Pansus Dua Bernadet L Sallata saat menyampaikan hasil pembahasan pansus dua menjelaskan melibatkan instansi terkait dalam menyusun dan menyempurnakan naskah akademik Raperda tentang Kesehatan Reproduksi.

Seperti Dinas Kesehatan Kota Palu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Harapan kami raperda ini dapat disetujui bersama dan dapat dilanjutkan pada tahapan fasilitasi oleh Gubernur Sulawesi Tengah," ucap Bernadet.