Fadli Zon lantik pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulteng

id fadli zon,ikm sulteng,gubernur longki,minang

Fadli Zon lantik pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulteng

Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang (IKM) Pusat Fadli Zon (kiri) menyerahkan bantuan sosial untuk korban bencana alam Sulteng kepada Ketua IKM Sulteng Ramadani Pitopang disaksikan Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kanan) di Palu, Senin (25/2) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (Antaranews Sulteng) - Warga perantau Minang di Sulawesi Tengah sangat banyak dan kuat, ibaratnya seperti sapu lidi, kata Prof. Dr. Ramadanil Pitopang usai dilantik menjadi Ketua DPW Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulawesi Tengah oleh Ketua Umum IKM Pusat Dr. Fadli Zon di Rumah Gadang IKM Sulteng, Senin.

Pelantikan Ramadanil itu disaksikan Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dan istrinya Ny. Zalzulmida yang juga puteri asal Minang.

Selain melantik pengurus DPW,  Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR RI itu melantik pengurus DPP IKM Kabupaten Banggai dan Kabupaten Parigi Moutong.

Gubernur Longki yang digelari Tuanku Bagindo Raja mengakui komunitas Minang di Sulteng banyak berkontribusi di bidang ekonomi.

"Orang Minang banyak bergerak di usaha-usaha seperti warung makan maupun di pasar karena memang ini sudah nalurinya (berdagang)," ujarnya.

Bangunan rumah gadang, tempat pelantikkan seingat gubernur sudah berdiri sejak tahun 1972 dan menandai awal terbentuknya kerukunan lokal warga Minang di Palu, Sulteng.

"Mulai pejabat tinggi sampai rakyat biasa gabung di dalamnya, ini artinya organisasi punya kekuatan luar biasa besar," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Fadli Zon juga menyerahkan bantuan kepedulian atas musibah bencana 28 September 2018 dari pengurus pusat IKM yang bernilai Rp134 juta. Tercatat sebanyak 27 warga Minang yang meninggal pada musibah tersebut.

Dibalik musibah ini, kata Fadli Zon, akan ada hikmah bagi Sulteng sehingga jadi lebih maju.

"Padang (kena) gempa tahun 2009 setelah itu bangkit lagi dan sekarang tambah dinamis," katanya.

Turut hadir pada acara itu anggota DPR RI asal Sulteng Dr. Supratman Andi Agtas, Kepala Badan Kesbangpol Dr. Fahruddin dan wakil-wakil paguyuban etnis.
(Biro Humas & Protokol Setdaprov Sulteng)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar