Puskesmas Sulewana raih akreditasi utama puskesmas termuda di Sulteng

id Poso,Kabupaten Poso,Darmin Sigilipu,Puskesmas Sulewana

Puskesmas Sulewana raih akreditasi utama puskesmas termuda di Sulteng

PEMERIKSAAN KESEHATAN CJH Petugas mengambil sampel darah salah seorang Calon Jamaah Haji (CJH) di salah satu Puskesmas di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (13/2). CJH yang rencananya akan diberangkatkan pada sekitar Juli 2017 mendatang sudah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan tahap awal dan akan ditindaklanjuti dengan tahapan berikutnya untuk memastikan kelayakan berangkat bersangkutan. ANTARAFOTO/Basri Marzuki

Sulteng (ANTARA) - Poso (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso patut berbangga diri. Pasalnya Kementrian Kesehatan menetapkan Puskesmas Sulewana sebagai puskesmas dengan akreditasi utama dan menjadi puskesmas dengan usia termuda yang sanggup memperoleh akreditasi utama.

Raihan tersebut tidak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan pihak puskesmas dibantu Pemkab poso sejak diajukan pada November 2017 meliputi penyiapan bangunan Unit Gawat Darurat (UGD) yang beroperasi 1x24 jam dengan enam ranjang yang tersedia.

"Ruang rawat inap anak tersedia tiga ranjang, tempat bermain anak, tempat pijat refleksi, poli batuk dan pembuatan IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah Cair). Dorongan Bupati Poso Darmin Sigilipu juga tidak lepas dari capaian tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, Taufan Karwur.

Taufan menjelaskan sejak awal 2018 pihak pusesmas dibantu Dinkes Poso telah melalukan berbagai persiapan untuk mengikuti penilaian tim akreditasi Kementrian Kesehatan yakni menyediakan pelayanan poli umum, poli gigi, poli keluarga berencana dan ruang konseling serta laboratorium.

Puskesmas yang beroperasi pada 9 April 2012 itu juga melakukan sejumlah inovasi seperti mengadakan kegiatan geliat sweeti (gerakan peduli ibu anak selamat), pemberdayaan masyarakat melalui forum kesehatan desa dan kelurahan yang dibentuk.

“Jangan kita menuntut kesempurnaan, bahwa segala sesuatunya harus tersedia baru kita bekerja, tetapi marilah dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada kita berupaya memaksimalkan semua potensi yang ada untuk mencapai hasil yang maksimal” ucap Taufan.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilimpu memberikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Sulewana Heindra B. Rantung dan staf paramedis maupun administrator atas capaian kerja keras yang mampu ditunjukkan melalui raihan akreditasu utama terhadap puskesmas tersebut. 

“Sukacita atas capaian Ini patut kita syukuri dan  tentunya ini smeua tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat Desa Sulewana dan sekitarnya khususnya kepada PT. Poso Energy atas segala bantuan yang diberikan sehingga persyaratan akreditasi mampu dipenuhi," kata Darmin.

Tentunya lanjutnya, calaian tersebut dilalui dengan kerja keras, kerja nyata dan cerdas demi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Poso.

Dia berpesan agar akreditasi utama yang berhasil diraih tidak hanya sebatas pengakuan akreditasi di atas kertas saja melainkan tercermin dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan puskesmas berakreditasi utama. 

“Harapan kami pemerintah daerah dengan capaian prestasi ini justru akan lebih membangkitkan semangat untuk terus berkarya dan memunculkan ide-ide cemerlang yang dapat mendorong capaian target standarisasi layanan kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Poso yang lebih baik," katanya.

Puskesmas Sulewana dinilai pada 26 hingga 28 November 2018 oleh tim surveyor dari Kementrian Kesshatan.