KJRI Frankfurt promosi wisata di Bavaria

id kemlu

KJRI Frankfurt promosi wisata di Bavaria

​​Indonesia berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di Jerman Selatan, Die Reise- und Freizeitmesse (atau dikenal dengan F.re.e Messe) tanggal 20 - 24 Februari 2019 di Munich, Jerman selatan. (kemlu.go.id) (

London (ANTARA) - Bavaria sebagai negara bagian dengan ekonomi terbesar kedua di Jerman memiliki potensi besar dalam mendatangkan lebih banyak wisatawan Jerman ke Indonesia, hal ini terlihat dalam acara Indonesian Promotion Week yang dilakukan KJRI Frankfurt di Negara Bagian Bavaria.

Konsul Muda KJRI Frankfurt Dimas Wisudawan kepada Antara London, Jumat mengatakan acara yang menyedot perhatian pelaku usaha di bidang pariwisata di Bavaria diadakan KJRI di Frankfurt bersama Kementerian Pariwisata serta retail agent pada industri pariwisata Indonesia melakukan promosi pariwisata Indonesia di kota Mnchen, Bavaria yang dikemas dalam program Europe Sales Mission.

Sekitar 20 perwakilan dari industri pariwisata Indonesia dan lebih dari 80 pelaku usaha Jerman di bidang pariwisata diantaranya beberapa perusahaan pariwisata besar Jerman seperti TUI Reisecenter, FTI Touristik, KARSTADT Reisebro, BAVARIA-LLOYD Reisebro, Asian Dream dan lainnya hadir dalam acara promosi.

Konjen RI Frankfurt, Toferry Soetikno, mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menawarkan destinasi Indonesia kepada wisatawan Jerman.

Dikatakannya saat ini Indonesia sedang gencar melakukan perbaikan infrastruktur pendukung sektor pariwisata seperti airport dan seaport, baik yang berukuran sedang maupun besar, sebagai bagian komitmen kuat Indonesia terhadap peningkatan sektor pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut Konjen Toferry Soetikno menekankan perlunya lebih selektif di dalam menerima informasi dari media yang memberitakan tentang bencana alam di Indonesia.

"Konteks dalam sebuah informasi pemberitaan dari media harus dicerna secara baik agar tidak menimbulkan kesan yang negatif mengenai citra wisata di negara tertentu," ujarnya.

  Perwakilan dari Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) menyampaikan Indonesian Update mengenai berbagai destinasi wisata Indonesia.

Di sela-sela acara ditampilkan pertunjukan Tari Pendet Bali yang ditarikan tiga penari dari organisasi masyarakat Indonesia di Munich yang berhasil menarik perbatian pengunjung.

Dalam acara promosi tersebut, terjadi interaksi yang cukup baik antara 20 perwakilan industri pariwisata Indonesia dengan sekitar 80 peserta pelaku usaha dari Jerman. Beberapa rencana kerjasama dan penjualan paket wisata dilakukan dalam networking .

Beberapa pelaku usaha Jerman memberikan testimoni, di dalam memasarkan produk pariwisata Indonesia, para retail agent harus lebih fleksibel di dalam membuat paket wisata di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka mengharapkan dibukanya kembali rute direct flight dari Indonesia ke Jerman untuk lebih memudahkan penjualan paket wisata Indonesia.

Indonesia memiliki diversifikasi destinasi wisata yang lebih baik dibandingkan negara tetangga di wilayah Asia Tenggara, namun promosi wisata Indonesia dirasa kurang gencar, dibandingkan negara di Asia lainnya.

Para peserta melihat, Indonesia dengan potensi pariwisata besar hendaknya lebih banyak berpartisipasi pada pameran-pameran pariwisata besar di Jerman Selatan seperti F.re.e Messe Munich dan CMT Stuttgart.

Indonesian Promotion Week merupakan program komprehensif KJRI Frankfurt terdiri dari promosi wisata Indonesia pada pameran F.re.e Messe dan promosi ekonomi (perdagangan dan investasi) Indonesia ke beberapa kalangan usaha dan pemangku kepentingan di wilayah Bavaria, seperti perusahaan besar otomotif Jerman, Kamar Dagang dan Industri serta Kementerian Urusan Ekonomi Bavaria.