Porprov VIII di Parimo hanya perlombakan satu nomor dayung

id porprov,dayung

Porprov VIII di Parimo hanya perlombakan satu nomor dayung

Lomba dayung di Situ Cipule pada PON XIX Jabar (antaranews)

Palu (ANTARA) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII yang akan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong pada 23-31 April 2019 hanya memperlombakan satu nomor khusus cabang olahraga dayung.

Humas Pengda Persatuan Olahraga Dayung (PODSI) Provinsi Sulawesi Tengah, Edison Ardiles di Palu, Jumat membenarkan cabang dayung hanya memperlombakan nomor perahu naga.

"Itupun hanya ada empat kabupaten/kota yang akan berlaga," kata dia.

Empat peserta tersebut adalah Kota Palu, Kabupaten Donggala, Poso dan tuan rumah Kabupaten Parigi Moutong.

Sementara nomor lainnya tidak diperlombakan, sebab belum semua kabupaten di Sulteng yang sudah terbentuk pengurus PODSI.

Namun, kata dia, ke depan, Pengda PODSI Sulteng akan menguyapakan agar semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng bisa terbentuk pengurus PODSI agar pembinaan atlet bisa dilakukanb secara merata di provinsi ini.

Apalagi, dayung merupakan cabang olahraga tradisional yang selama ini telah mencetak sejumlah pedayung handal bukan hanya menjadi ased daerah, tetapi juga aset nasional.

Di Sulteng sejak beberapa tahun lalu telah ada PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) yang dibangun oleh Dinas Pemuda dan Olaharaga Provinsi Sulteng.

Juga ada sekolah kelas olahraga (SKO) khusus cabang dayung .Dan melalui PPLP dan SKO ada beberapa atlet yang kini mengikuti pelatnas jangka panjang dan pelatnas Sea Games di Jakarta.

Edison mengatakan pelaksanaan Porprov VIII di Parimo yang akan berlangsung setelah usai penyelenggaraan Pemilu serentak Presiden, DPR,DPD dan DPRD dipastikan mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga.

Cabang dimaksud antara lain, sepaktakraw,bola voli,voli pasir,sepakbola,karate,judo, pencaksilat,tinju,tenis meja, tenes lapangan,kempo,taekwondo dan bulutangkis.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar