TNI dan warga perbaiki jembatan rusak di Sigi

id TMMD,SIGI,TNI

TNI dan warga perbaiki jembatan rusak di Sigi

Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang, didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate, dan Wabup Sigi Paulina meninjau jembatan yang bakal diperbaiki dalam kegiatan TMMD. (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali).

Palu (ANTARA) - Sigi (ANTARA) - Sejumlah anggota TNI dan warga bersama-sama mulai memperbaiki jembatan penghubung antara Kecamatan Nokilalaki dengan Kecamatan Palolo yang rusak diterjang banjir pada 2016.

"Jembatan tersebut rusak dan hingga kini sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, kecuali sepeda motor," kata Anwar, Kepala Desa Kapiroe, Kecamatan Palolo, Jumat.

Ia menjelaskan, perbaikan jembatan merupakan salah satu dari beberapa kegiatan fisik yang dilakukan?TNI yang tergabung dalam satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Sigi.

Pemerintah dan masyarakat Desa Kapiroe menyambut gembiran dan mendukung program TMMD ini.

Jembatan sepanjang 30 meter yang rusak dan sedang dalam perbaikan oleh TNI dan masyarakat setempat ditargetkan selesai pada Maret 2019 sehingga akses transportasi antarkecamatan kembali normal seperti sebelumnya.

Selain memperbaiki jembatan, juga memasang bronjong pengaman di sisi kiri dan kanan jalan menuju jembatan guna mengantisipasi banjir.

Dalam program TMMD? 2019 yang dipusatkan di Kabupaten Sigi? tersebut bakal membangun jalan sepanjang 11,158 km?dari Desa Bora, Kecamatan Biromaru sampai Desa Kapiroe, Kecamatan Palolo.?

Dua kecamatan di Sigi itu, kata Anwar, merupakan sentra produksi beras dan komoditi perkebunan yakni kakao dan kopi.

Hasil panen petani selama ini dijual ke pasar-pasar di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Karena itu, akses jalan dan jembatan sangat vital bagi kelancaran pemasaran berbagai hasil pangan dan perkebunan petani di Kecamatan Palolo dan Nokilalaki.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang? di sela-sela upacara pembukaan TMMD di Desa Bobo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Selasa (26/2) mengatakan TMMD? ke-104 tahun 2019 ini adalah program TNI yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Khusus untuk Kodam XIII/Merdeka itu ada dua tempat, yang satu di Kodim 1360/Donggala, satu lagi di Kodim 1312/Talaud.

Dipilihnya Kabupaten Sigi menginggat daerah ini salah satu wilayah terdampak bencana alam lalu, juga masyarakatnya mayoritas petani, membutuhkan akses jalan yang baik dan memadai.