Morata borong dua gol, Atletico benamkan Sociedad

id morata

Morata borong dua gol, Atletico benamkan Sociedad

Alvaro Morata yang memborong dua gol atas Real Sociedad di kandangnya sendiri dan memetik kemenangan 2-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Spanyol di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, Senin dini hari WIB. (premierleague.com)

Jakarta (ANTARA) -  Atletico Madrid membenamkan Real Sociedad di kandangnya sendiri dan memetik kemenangan 2-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Spanyol di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih Atletico berkat penampilan gemilang penyerang mereka Alvaro Morata yang memborong dua gol dalam laga tersebut, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Spanyol.

Hasil itu sekaligus membuat tim besutan Diego Simeone yang berada di peringkat kedua klasemen dengan raihan 53 poin tetap berada dalam posisi untuk mengejar juara bertahan Barcelona (60) dengan selisih tujuh poin.

Sedangkan Sociedad (35) terancam tergusur dari urutan kedelapan jika Valencia (33) meraih kemenangan pada Senin pagi WIB.

Statistik pertandingan memperlihatkan tuan rumah menguasai 61 persen pengendalian bola sepanjang laga dan melepaskan 19 percobaan tembakan yang gagal dikonversikan menjadi satu gol pun.

Sebaliknya Atletico main klinis dengan sedikit peluang yang mereka miliki dan mempertahankan keunggulannya ketika harus bermain dengan 10 orang tersisa di lapangan lantaran Koke diusir dari lapangan sejak menit ke-63.

Sociedad lebih dulu mengancam gawang Atletico lewat sebuah serangan pada menit ke-14 saat Mikel Oyarzabal berhasil menusuk masuk ke dalam kotak penalti melewati Filipe Luis dan Diego Godin, namun tembakannya berhasil diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Jan Oblak.

Tekanan itu dijawab Atletico dengan sebuah serangan yang memaksa kiper Geronimo Rulli dan bek Raul Navas melakukan kesalahan di areanya sendiri, Morata yang memiliki kesempatan untuk melesakkan bola ke dalam gawang tak bertuan dihentikan oleh Navas yang membayar kesalahnnya dengan menghalau bola pada menit ke-18.

Dua menit kemudian giliran Rulli yang melakuakn penyelamatan penting atas tembakan jarak dekat Koke.

Atletico akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-30 saat sepak pojok Thomas Lemar berhasil disambut sundulan Godin demi mengarahkan bola kepada Morata yang cukup leluasa mencetak gol dari jarak dekat.

Keunggulan Atletico berlipat ganda hanya dalam waktu tiga menit berselang ketika Morata dengan jeli mencari posisi yang tepat untuk menyundul bola tendangan bebas kiriman Koke.

Unggul dua gol membuat Atletico lebih tenang menghadapi tekanan yang dilancarkan tuan rumah yang bernafsu mencetak gol balasan.

Namun, tugas mereka menjadi lebih berat ketika Koke menerima kartu kuning kedua setelah melanggar keras Joseba Zaldua pada menit ke-63.

Oblak melakukan penyelamatan gemilang ketika menghalau bola sundulan Mikel Merino menyambut umpan silang Ruben Pardo di sudut kiri atas gawang pada menit ke-77.

Di tengah kondisi ketimpangan jumlah pemain, pada menit ke-85 Atletico malah menebarkan ancaman lagi di gawang tuan rumah saat Antonine Griezmann mengirimkan umpan matang kepada Santiago Arias yang membantu serangan, namun Rulli kali ini sigap menghalau datangnya bola.

Di masa "injury time" sebuah bola liar jatuh di kaki Sandro Ramirez di dalam kotak penalti, namun tembakannya masih melebar jauh dari sasaran.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Spanyol:

Real Sociedad (4-2-3-1): Geronimo Rulli; Joseba Zaldua, Diego Llorente, Raul Navas, Theo Hernandez; Igor Zubeldia (Ruben Pardo), Zuruzuta (Juanmi); Mikel Oyarzabal, Mikel Merino, Sandro Ramirez; Willian Jose (Jon Bautista)

Pelatih: Imanol Alguacil

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Juanfran, Jose Gimenez, Diego Godin, Filipe Luis (Santiago Arias); Koke, Rodri Hernandez, Saul Niguez, Thomas Lemar (Thomas Partey); Antoine Griezmann, Alvaro Morata (Angel Correa)

Pelatih: Diego Simeone