Juventus menang 2-1 di markas Napoli

id juventus

Pemain Juventus merayakan gol. (REUTERS/Alessandro Garofalo)

Jakarta (ANTARA) - Juventus meraih kemenangan 2-1 atas Napoli dalam laga pekan ke-26 Liga Italia di Stadion San Paolo, Napoli, Italia, Senin pagi WIB.

Miralem Pjanic dan Emre Can mencetak gol kemenangan untuk Juventus yang hanya bisa dibalas Napoli lewat Jose Callejon, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia.

Napoli sebetulnya memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan enam menit jelang waktu normal usai, namun eksekusi penalti Lorenzo Insigne ditolak oelh tiang gawang.

Laga itu juga diwarnai dua kartu merah yang dikeluarkan wasit Gianluca Rocchi, masing-masing untuk kiper Napoli Alex Meret dan gelandang Juventus Miralem Pjanic.

Selain itu, secara keseluruhan Rocchi delapan kali mengeluarkan kartu kuning dari sakunya, tiga kali untuk pemain Napoli dan sisanya bagi para penggawa Juventus, termasuk Pjanic yang menerima kartu merah setelah dua kali diperlihatkan kartu kuning.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Max Allegri kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 72 poin demi memperlebar jarak menjadi 16 poin dari Napoli (56) yang berada di urutan kedua.

Cristiano Ronaldo sempat melesakkan bola ke dalam gawang Napoli pada menit ke-22, namun ia terlanjur berada jauh dalam posisi "offside" sebelum menjemput bola umpan.

Napoli dipaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain di atas lapangan ketika Meret terpaksa menjatuhkan Ronaldo di luar kotak penalti, setelah ia melakukan umpan buruk kepada Kevin Malcuit pada menit ke-25.

Hal itu membuat Carlo Ancelotti mengorbankan lini depannya dengan menarik keluar penyerang tertajam mereka Arkadiusz Milik untuk memasukkan kiper pengganti David Ospina.

Namun, Ospina yang masuk gagal mengantisipasi tendangan bebas yang dieksekusi Pjanic sehingga Juventus memiliki keunggulan 1-0 atas Napoli pada menit ke-25.

Keadaan kian buruk bagi Napoli karena Juventus sukses memanfaatkan keuntungan jumlah pemain demi menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-39 saat sepak pojok Fernardo Bernardeschi berhasil disambut sundulan Can.

Dua menit memasuki babak kedua, Juventus juga harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain ketika Pjanic dengan sengaja menyentuh bola dengan tangannya di tepian kotak penalti.

Napoli berhasil memanfaatkan situasi untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-60 saat Insigne melepaskan umpan tarik yang berhasil disambut Callejon tepat di muka gawang dengan tendangan keras.

Momentum positif bagi tuan rumah terus berlanjut hingga akhirnya mereka memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan saat Alex Sandro didakwa menghalau bola tendangan voli Fabian Ruiz dengan tangannya di garis gawang.

Keputusan itu diambil wasit Rocchi setelah meninjau teknologi "VAR".

Namun, Insigne yang menjadi algojo gagal melakoni tugasnya dengan baik, saat bola tendangannya ditolak oleh tiang gawang meskipun sudah menaklukkan kiper Wojciech Szczesny pada menit ke-84.

Kegagalan itu harus dibayar mahal oleh Napoli yang menyelesaikan pertandingan dengan tangan hampa, sementara Juventus pulang dari San Paolo mengantongi tiga poin penuh.

Susunan pemain kedua tim:

Napoli (4-4-2): Alex Meret; Kevin Malcuit (Dries Mertens), Nikola Maksimovic, Kalidou Koulibaly, Elseid Hysaj; Jose Callejon (Adam Ounas), Allan, Fabian Ruiz, Piotr Zielinski; Arkadiusz Milik (David Ospina), Lorenzo Insigne

Pelatih: Carlo Ancelotti

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo (Mattia De Sciglio), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Federico Bernardeschi (Paulo Dybala), Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Mario Mandzukic (Rodrigo Bentancur), Cristiano Ronaldo

Pelatih: Max Allegri

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar