TMMD Sigi bakal normalisasi Sungai Sopu

id TMMD,SUNGAI SOPU,PALOLO

Jembatan Kura-kura di atas Sungai Sopu yang sedang dikerjakan dalam rangka TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 2019 di Palolo, Kabupaten Sigi. (Antaranews Sulteng/Dokumen TMMD)

Sigi (ANTARA) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bakal menormalisasi Sungai Sopu, Jembatan Kura-Kura, penghubung Kecamatan Nikolalaki dengan Kecamatan Palolo.

"Jalan air yang sekarang ini dulunya daratan. Karena dihantam terus sama air akhirnya jadi jalan air. Makanya harus diluruskan lagi," kata Dansatgas TMMD Sigi, Letnan Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, S.Sos, MM, Senin.

Normalisasi aliran Sungai Sopu ini untuk memulihkan jalan air yang sudah berubah dari kondisi awalnya, sehingga menyebabkan pinggir jembatan.

Komandan Kodim 1306/Donggala ini menjelaskan normalisasi Sungai Sopu ini akan dilakukan dengan cara dikeruk  sepanjang kurang lebih 200 meter oleh anggota TMMD bersama masyarakat setempat.

"Sungai Sopu ini ada empat sungai yang mengalirinya dari hulu sana, makanya air cukup keras sehingga terjadi sedimentasi," ujarnya.

Menurut dia, bla tidak dilakukan normalisasi, maka jembatan kura-kura yang saat ini sedang dikebut pekerjaannya akan rusak kembali, mengingat air yang mengalir di Sungai Sopu arusnya akan mengikikis pingiran tempat tiang jembatan kura-kura didirikan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) agar sungai ini dinormalisasi," tandasnya.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar