Semen Gresik Siapkan Belanja Modal Rp4 Triliun

id Semen, Gresik, holding, Sulteng

"Pembangunan pabrik baru merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas produksi untuk mengantipasi terus naiknya permintaan semen di dalam negeri,"
Gresik - PT Semen Gresik Tbk menyiapkan belanja modal 400 juta dolar AS atau lebih kurang Rp4 triliun untuk menjalankan sejumlah aksi korporasi pada 2013.

Dirut PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soetjipto, saat refleksi akhir tahun di Gresik, Jawa Timur, Senin malam, mengemukakan sejumlah aksi korporasi yang dilakukan, antara lain, melanjutkan transformasi perseroan menjadi "holding" PT Semen Indonesia Tbk.

Selain itu, tahapan penyesuaian dan integrasi perusahaan semen Vietnam, Thang Long, yang telah diakuisisi ke induk Semen Indonesia dan ekspansi bisnis dengan memulai pembangunan dua pabrik baru di Rembang (Jawa Tengah) dan Padang (Sumatera Barat).

"Holding nama PT Semen Indonesia diharapkan sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM pada Januari 2013. Anak usaha baru Semen Gresik akan menyusul Maret," katanya.

Apabila semua proses administrasi itu berjalan lancar, Dwi Soetjipto berharap pada bulan April 2013, desain ulang terhadap proses bisnis untuk dikelola secara "strategic holding" melalui PT Semen Indonesia Tbk sudah bisa dijalankan.

"Adapun penyesuaian administrasi, akuntansi, SDM, dan integrasi Thang Long Vietnam ke induk perusahaan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan sejak diakuisisi pada bulan Desember 2012," kata Dwi Soetjipto.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2012, Semen Gresik telah mengakuisisi 70 persen saham Thang Long Cement Vietnam dengan nilai sekitar 157 juta dolar AS.

Terkait dengan ekspansi bisnis, dia menargetkan pemasangan tiang pancang pertama untuk pembangunan dua pabrik baru di Rembang dan Padang yang masing-masing berkapasitas produksi 2,5 juta--3 juta ton per tahun, sudah dilakukan pada akhir semester pertama 2013.

"Pembangunan pabrik baru merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas produksi untuk mengantipasi terus naiknya permintaan semen di dalam negeri," ujarnya.

Hingga akhir 2012, total produksi Semen Gresik Group (PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, dan PT Semen Padang) diproyeksikan mencapai 22,6 juta ton, sementara pada tahun 2013 naik menjadi 26 juta ton seiring dengan beroperasinya secara efektif Pabrik Tuban IV dan Tonasa V.

"Kalau ditambah dengan produksi Thang Long Cement yang diproyeksikan 2,3 juta ton, total produksi pada tahun 2013 bisa menembus 28,3 juta ton," katanya.(D010)