FPTT masuk kalender nasional Kementerian Pariwisata

id FPTT, pariwisata, kemenpar, Parigi moutong

Salah satu fashion wisata bernuansa bahari yang sering ditampilkan dalam Tomini Fashion Karnaval Kabupaten Parigi Moutong. (Antaranews Sulteng/Moh. Ridwan)

Parigi (ANTARA) - Kegiatan kepariwisataan bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) yang setiap tahunnya diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menjadi salah satu dari 100 iven wisata yang masuk dalam kalender kegiatan kepariwisataan nasional Kementerian Pariwisata. 

Pejabat Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong Irma Rosita, di Parigi, Rabu mengatakan, sesuai kalender Kementerian Pariwisata, FPTT 2019 akan dilaksanakan pada 19-22 April 2019.

Irma menyebut promosi FPTT tidak hanya dilaksanakan pemerintah setempat, tetapi Kemenpar secara penuh terlibat dan mendukung kegiatan itu dengan melakukan promisi di sejumlah objek vital pariwisata, salah satunya di Bali. 

"Pemerintah pusat sudah memetakan wilayah Sulawesi termasuk Parigi Moutong, untuk promosi pariwisata yang menyasar wisatawan Asia maka salah satu negara tujuan yakni Filipina," tutur Kepala Seksi Promosi dan Kerjasama Pemasaran Pariwisata ini. 

Dikemukakannya, pelaksaan kegiatan pariwisata sebagai upaya pemerintah mempromosikan destinasi serta potesni wisata lainnya yang dimiliki Parigi Moutong guna meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.

"Momen ini sangat pas untuk promosi destinasi-destinasi yang kita miliki, salah satunya objek wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan daerah lain," tambahnya. 

FPTT sudah menjadi agenda kegiatan tahunan sesuai kalender nasional pariwisata, sehingga pembiayaan kegiatan tak hanya pemda tetapi juga Kemenpar.

Sejauh ini, katanya, pemerintah setempat belum memastikan apaka ada tamu luar negeri diundang menghadiri kegiatan FPTT nanti. 

"Kami juga akan mengundang pejabat Kementerian Pariwisata termasuk daerah berdekatan dengan Parigi Moutong ikut hadir dalam dikegiatan ini," ucapnya. 

Sesuai jadwal, pelaksanaan FPTT diawali pemilihan putra putri bahari 19 April 2019. Kemudian lomba fotografi obyek wisata 22 April, dilanjutkan festival musik tradisional 19 - 21 April, festival kuliner 19 - 22 April dan tomini fashion karnaval 22 April mendatang. 

"Khusus Tomini Fashion Carnival hanya parade tidak diperlombakan, " ujar Irma. 

Selama 2018, tingkat kunjungan wisatawan di kabupaten itu meningkat 10 hingga 20 persen, angka ini dinilai cukup positif dan destinasi yang paling diminati wisatawan yakni objek wisata bahari.

Tingkat kunjungan didominasi wisatawan lokal, disusul wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar