Tamu luar negeri belum dipastikan hadir di FPTT

id FPTT, pariwisata, Parigi moutong

Festival Pesona Teluk Tomini Kostum Karnaval (carnaval fhasion) bermotif ikan dari Kecamatan Moutong yang diperagakan seorang gadis mendapat sambutan meriah pada acara puncak FPTT di Parigi. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah belum memastikan apakah tamu luar negiri hadir pada Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) pada April 2019.

"Kami belum mendapat informasi dari Kementerian Pariwisata mengenai tamu luar negeri," kata Pejabat Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Parigi Moutong Irma Rosita di Parigi, Jumat. 

Kegiatan FPTT sepenuhnya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata. Sebagai bentuk dukungan, pemerintah pusat melakukan promosi disejumlah objek vital pariwisata, salah satunya, Bali. 

Selain promosi, Kementerian Pariwisata juga turut menyokong pembiayaan guna meringankan beban pemerintah daerah. 

"Keterlibatan pemerintah pusat sangat membantu kami sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Parigi Moutong dan pejabat Kementerian Pariwisata akan kami undang dikegiatan ini, " ujar Kepala Seksi Promosi dan Kerjasama Pemasaran Pariwisata ini. 

Pada rangkaian Tomini fashion karnaval nanti, katanya, pemerintah setempat tidak melibatkan peserta luar negeri, karena hanya bentuk parade. 

"Pada 2018 lalu kami mengundang peserta dari Rusia, namun tahun ini tomini fashion karnaval tidak diperlombakan sehingga hanya peserta lokal dilibatkan, " jelasnya. 

Kegiatan FPTT akan dilaksanakan dua hari setelah Pemilu, yakni 19-22 April mendatang sesuai kalender nasional Kementerian Pariwisata bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) ke-VIII Sulteng berpusat di Parigi. 

Rencananya penutupan FPTT dirangkaikan dengan pembukaan Porprov, sehingga dua agenda kegiatan berbeda itu diharapkan berlangsung meriah. 

Dikemukakannya, berdasarkan jadwal, FPTT diawali dengan pemilihan putra putri baharai 19 April, kemudian menyusul lomba fotografi objek wisata 22 April, festival musik tradisional 19 - 21 April dan festival kuliner 19 - 22 April, serta tomini fashion karnival 22 April 2019. 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar