Profil singkat delapan besar Liga Europa

id liga europa

Profil tim 8 besar Liga Europa (Foto Antara)

Jakarta (ANTARA) -  Benfica menjadi tim terakhir yang memastikan menjadi satu dari delapan besar Liga Europa, setelah mereka mengalahkan Dinamo Zagreb 3-0 lewat babak tambahan waktu di laga kedua putaran 16 besar di Stadion da Luz, Lisbon, Portugal, Jumat pagi WIB.

Benfica lolos dengan skor agregat 3-1 demi mencapai babak perempat final menyusul tujuh tim lain yang sudah lebih dulu mengisi daftar delapan besar Liga Europa musim ini.

Beberapa menit sebelum kelolosan Benfica, Slavia Praha, terlebih dulu memastikan satu tempat di perempat final usai menumbangkan tim tersukses di kompetisi antarklub Eropa tingkat kedua, Sevilla, lewat sebuah gol dramatis satu menit jelang babak tambahan waktu berakhir.

Slavia menang 4-3 di laga kedua dan melaju berbekal skor agregat 6-5 atas Sevilla.

Sementara Sevilla tersingkir, Spanyol masih memiliki dua wakil di perempat final yakni Valencia dan Villarreal yang menyingkirkan lawan masing-masing.

Jumlah tim yang sama juga mewakiliki Inggris, yakni Chelsea dan Arsenal. Sementara Chelsea melaju mulus, Arsenal harus bersusah payah membalikkan kekalahan 1-3 di laga pertama dengan kemenangan 3-0 di laga kedua atas Rennes.

Keberhasilan wakil Jerman, Eintracht Fraknkfurt, menyingkirkan Inter Milan, membuat Italia hanya tinggal diwakili oleh Napoli di delapan besar.

Pengundian laga perempat final Liga Europa bakal dilakukan dalam satu rangkaian dengan penentuan perempat final Liga Champions di markas UEFA di Nyon, Swiss, pada Sabtu (16/3) sore.

Berikut profil singkat tim-tim yang mencapai delapan besar Liga Europa musim ini (urutan sesuai abjad):

Arsenal

- Lolos ke perempat final setelah bangkit dari kekalahan 1-3 di laga pertama dan menang 3-0 di laga kedua, demi menyingkirkan wakil Prancis, Rennes.

- Dua musim beruntun melangkah ke perempat final. Musim lalu mencapai semifinal sebelum disingkirkan oleh wakil Spanyol Atletico Madrid yang melenggang hingga menjadi juara.

- Musim ini memiliki "faktor x", yakni ditangani Unai Emery, pelatih pertama yang meraih three-peat Liga Europa atau menjuarainya tiga musim beruntun bersama Sevilla pada 2014-2016.

- Meski langganan tampil di kompetisi antarklub Eropa, cuma punya dua trofi yakni Piala Inter-Cities Fairs 1970 dan Piala Winners 1994. Piala Inter Cities-Fairs merupakan turnamen cikal bakal Piala UEFA yang kemudian bertransformasi menjadi Liga Europa pada 2009. Piala Winners dilebur dengan Piala UEFA sejak 1999.


Benfica

- Lolos setelah melunasi defisit kekalahan 0-1 dari Dinamo Zagreb dengan menang 3-0 lewat babak tambahan waktu.

- Terakhir kali lolos ke perempat final pada 2014, melenggang hingga ke final namun dikalahkan Sevilla 2-4 lewat adu penalti.

- Tak pernah juara kompetisi antarklub Eropa tingkat kedua, namun merupakan jawara Piala Champions 1961 dan 1962

- Merupakan salah satu yang membukukan catatan tak terkalahkan sepanjang turnamen Liga Europa pada 2014, namun tak menjadi juara karena drama adu penalti lawan Sevilla di final.


Chelsea

- Lolos dengan mulus usai mengalahkan Dynamo Kiev 3-0 di laga pertama dan 5-0 di laga kedua.

- Terakhir kali lolos perempat final pada 2013 dan melenggang hingga meraih trofi Liga Europa pertama mereka dengan mengalahkan Benfica 2-1.

- Penyerang mereka, Olivier Giroud, saat ini menjadi top skor di Liga Europa musim ini dengan koleksi sembilan gol.


Eintracht Frankfurt

- Lolos usai mempecundangi Inter Milan 1-0 di Giuseppe Meazza.

- Terakhir kali mencapai semifinal pada 1995, saat masih bernama Piala UEFA, namun kalah agregat 1-4 melawan Juventus.

- Menjadi juara pada Piala UEFA 1980, setelah menang agregat gol tandang dalam skor 3-3 melawan sesama klub Jerman Borussia Moenchengladbach dalam final yang masih menggunakan format kandang-tandang.


Napoli

- Lolos dengan agregat 4-3 atas menang 3-0 di laga pertama dan kalah 1-3 di wakil Austria RB Salzburg.

- Terakhir kali mencapai perempat final pada 2015, melaju ke semifinal namun disingkirkan wakil Ukraina Dnipro Dnipropetrovsk.

- Juara pada Piala UEFA 1989 lewat kemenangan agregat 5-4 atas wakil Jerman VfB Stuttgart.


Slavia Praha

- Lolos ke perempat final dengan agregat 6-5 dengan menyingkirkan Sevilla, klub tersukses pengoleksi lima gelar Liga Europa.

- Terakhir kali mencapai perempat final Piala UEFA 2000, disingkirkan wakil Inggris Leeds United.

- Capaian terbaik semifinal Piala UEFA 1996, kalah 0-2 melawan Bordeaux.


Valencia 

- Lolos dengan menyingkirkan wakil Rusia FK Krasnodar dengan skor agregat 3-2.

- Terakhir kali mencapai perempat final pada 2014, disingkirkan sesama klub Spanyol, Sevilla, yang melaju menjadi juara.

- Juara Piala UEFA 2004 dengan menundukkan Marseille 2-0 di final.


Villarreal

- Lolos setelah memenangi dua laga putaran 16 besar melawan Zenit Sankt Petersburg, 3-1 di pertandingan pertama dan 2-1 di pertandingan kedua.

- Terakhir mencapai perempat final 2016, namun disingkirkan Liverpool setelah menang 1-0 di laga pertama dan kalah 0-3 di laga kedua.

- Capaian terbaik dua kali semifinal pada 2011 dan 2016, namun saat ini tengah terseok-seok di kompetisi domestik.


 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar