Pemkab Poso harap kerja sama saling menguntungkan

id poso,wabup

Wabup Zamsuri menerima kunjungan Direktur Kawasan Konservasi Kementerian LHK,Diah Murtiningsih di ruang kerjanya pada Kamis 14 Maret 2019. (Antara/Anas Masa)

Poso,Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso di Sulawesi Tengah sangat berharap kerja sama antara Taman Nasional Lore Lindu dengan pemerintah desa di Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso saling menguntungkan kedua pihak.
Wakil Bupati Poso, Zamsuri, Senin mengatakan selama ini kawasan konservasi Taman Nasional Lore Lindu merupakan momok bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.
Memang, kata dia, pada dasarnya masyarakat di Lembah Bada tinggal di sekitar kawasan konservasi dan keberadaan kawasan dianggap suatu hal yang sama sekali tidak bisa disentuh.
Namun dengan adanya kerja sama tersebut memberikan angin segar sekaligus menghapus momok yang selama ini menghantui masyarakat bahwa kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) sama sekali tidak boleh dijamah oleh masyarakat.
Kerja sama kemitraan konservasi yang sekarang ini mulai dibangun oleh pengelola kawasan konservasi dalam hal ini adalah pihak TNLL sangat diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat maupun pengelola.
Jadi,kata Wabup Zamsuri, sebenarnya bukan tidak boleh masyarakat menyentuh kawasan konservasi, tetapi dibolehkan asal kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam kawasan perlakuannya tentu didasari oleh aturan-aturan telah ditetapkan pemerintah dan juga atas bimbingan dari Balai Besar TNLL
Menurut dia, dengan adanya kerja sama dimaksud, pihak TNLL tentu akan mendidik dan membina masyarakat bagaiman agar bisa meningkatkan ekonomi dan taraf hidup mereka, tanpa harus mengganggu kawasan konservasi.
Karena itu, Pemkab Sigi mendorong konsep-konsep program pemberdayaan yang dilakukan selama ini oleh TNLL kepada masyarakat yang ada di sekitar kawasan konservasi, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Poso.
Wabup Zamsuri juga mengatakan pemerintah akan membuka akses jalan untuk menghubungkan Kecamatan Lore Barat dan Lore Selatan dengan Kecamatan Lore Timur, Lore Tengah, Lore Piore dan Lore Utara sehingga masyarakat yang akan menuju Lore Barat dan Lore Selatan tidak lagi harus berputar lewat Poso-Tentena.
Begitu pula dengan masytarakat dari Lore Barat dan Lore Selatan bisa langsung menuju Palu tanpa harus lewat Poso-Tentena yang jaraknya memang cukup jauh.
Jarak dari Palu menuju Lemba Bada mencapai sekitar 400km.Padahal jika dari Palu lewat Napu, Lore Utara hanya sekitar 200km saja."Kita berharap pada 2019 ini jalannya sudah mulai dikerjakan," ujar Wabup Zamsuri.
Pewarta :
Editor : Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar