Bupati Poso kunjungi desa perbatasan Sulteng-Sulsel, gelorakan semangat kebangsaan

id poso,bupati poso,wilayah perbatasan,darmin sigilipu

Bupati Poso kunjungi desa perbatasan Sulteng-Sulsel, gelorakan semangat kebangsaan

Bupati Poso Darmin Sigilipu (kanan) bersalaman dengan salah seorang anggota BPD yang baru dikukuhkan di Desa Mayoa, Kecamatan Pamona Selatan, Senin (18/3) (Antaranews Sulteng/Humas Pemkab Poso)

Mayoa, Poso (ANTARA) - Berbagai upaya serta inovasi telah dilakukan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Poso terlebih dalam mewujudkan visi misi Pemerintahan Darmin-Samsuri dan salah satu perubahan signifikan terlihat jelas dimana setiap bulannya pemerintah daerah mengupayakan untuk menjangkau setiap pelosok wilayah daerah Kabupaten Poso lewat penyelenggaraan upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan.

Setelah pelaksanaan upacara bendera 17 bulan berjalan dilaksanakan di perbatasan Kabupaten Morowali Utara dengan Kabupaten Poso pada bulan Februari, maka pada Senin 18 Maret 2019 kembali Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu memimpin rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melaksanakan Upacara Bendera Setiap 17 Bulan Berjalan di daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tengah yang masih ada dalam kawasan Kabupaten Poso yakni desa Mayoa Kecamatan Pamona Selatan.

Dalam kunjungan kerja Bupati Darmin kali ini juga memboyong sejumlah petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan untuk melayani masyarakat dengan pelaksanaan KB gratis serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Di samping itu Bupati Darmin juga membagikan makanan tambahan bagi anak-anak balita dan ibu-ibu hamil yang disambut dengan pemberian buah-buahan oleh anak-anak balita kepada Bupati Darmin sebagai respon rasa terima kasih dan wujud rasa bahagia atas kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Poso ini di wilayah paling ujung Provinsi Sulawesi Tengah. 

Selain itu Bupati Darmin juga menyerahkan sejumlah bibit kayu kepada Camat Pamona Selatan dan Tenggara sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup terhadap potensi-potensi yang ada di wilayah Pamona Selatan dan Tenggara.

Rangkaian upacara yang digelar di Lapangan Desa Mayoa ini  juga turut dikumandangkan lagu Lemba Ntana Poso saat pelaksaaan upacara dimana hal ini diinisiasi sendiri oleh Bupati Darmin.

“Sebagai wujud kecintaan serta guna menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap Tana Poso maka di setiap acara yang digelar di Kabupaten Poso, dimana saja, Lagu ini kiranya tetap terus dikumandangkan” pesan Bupati Darmin.

Baca juga: Lima desa di Poso tandatangani perjanjian kerja sama kemitraan konservasi
Baca juga: Pemda Poso gelar Padungku Durian di Desa Kuku
Baca juga: Puskesmas Sulewana raih akreditasi utama puskesmas termuda di Sulteng

Terkait dengan pelaksanaan upacara yang digilir di setiap kecamatan ini Bupati Darmin menjelaskan bahwa maksud pelaksanaan upacara ini ingin membuktikan bahwa pemerintah daerah hadir secara berkeadilan di seluruh wilayah Tana Poso dengan memberi perhatian dan pelayanan yang sama serta membangun secara bersama pula cita-cita Kabupaten Poso yang cerdas.

Pada kesempatan ini pula Bupati Poso meresmikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari dua kecamatan yakni Pamona Selatan  yang terdiri dari Desa Mayajaya, Mayasari, Bangun Jaya, Bo’e, Pendolo, Mayoa, Uelene, Bancea, Pandajaya, Pandayora ; dan Lore Selatan yang terdiri dari Desa Bulili, Runde, Badangkaia, Pada, Gintu, Bewa, Bakekau, dan Bomba.

Tak sampai di situ saja, bupati juga mengukuhkan para pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Poso, Bupati Darmin juga meresmikan Balai Penyuluh Pertanian Wilayah Pamona Selatan. Kontak Tani Nelayan Andalan atau disingkat KTNA (NOFA, National Outstanding Farmers and Fishermen Association) sendiri merupakan suatu organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan.

KTNA ini terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang terpilih untuk mewakili daerah yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter pionir dan patriotis dalam pembangunan ekonomi daerah bahkan sampai pada tingkat nasional, khususnya di bidang agribisnis.

Bupati Darmin berharap para pengurus KTNA serta penyuluh pertanian yang telah menerima sarana prasarana gedung balai yang diresmikan di wilayah Pamona Selatan ini dapat bekerja dengan baik untuk dapat meningkatkan produksi hasil perikanan, pertanian dan perkebunan Kabupaten Poso di masa datang.

Bupati juga meresmikan berbagai proyek di lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Poso dengan harapan menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh komponen masyarakat maupun stakeholder untuk terus membangun serta memberikan perubahan  yang signifikan bagi kemajuan daerah. (Humas Pemda Poso)

Bupati Poso Darmin Sigilipu memberikan samb utan pada peresmian proyek-proyek lingkup Dinas Pertanian di Desa Mayoa, Kecamatan Pamona Selatan, Senin (18/3). (Antaranews Sulteng/Humas Pemkab Poso)