Yusril Harap PBB Lolos Verifikasi KPU

id yusril, parpol,pbb

Yusril Ihza Mahendra (antaranews)

...partainya belum memenuhi dua syarat untuk lolos sebagai partai peserta pemilu 2014


Jakarta,  (antarasulteng.com) - Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengharapkan partainya akan lolos  verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jika masalah PBB yang diangkat oleh KPU selesai, maka saya harap partai tersebut akan ikut disahkan sebagai partai politik untuk ikut pemilu pada 2014," kata Yusril disela-sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 di Jakarta, Selasa dini hari.

Yusril menjelaskan partainya belum memenuhi dua syarat untuk lolos sebagai partai peserta pemilu 2014.

Menurut dia, kedua syarat tersebut pertama, belum tercapainya jumlah 30 persen perempuan pengurus parpol di dalam PBB dan kedua, terdapatnya pejabat partai yang belum mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Namun akhirnya walau belum final, sepertinya KPU menerima bahwa kalau di daerah itu tidak mencapai 30 persen tidak masalah," kata Yusril.

Yusril mengatakan permasalahan tersebut terjadi tidak hanya di PBB, namun juga partai lain.

"Namun ketika saya diberi kesempatan berbicara mengatasnamakan PBB, saya kira partai lain juga mengalami permasalahan serupa," tambah dia.

Menurut Yusril, masih terdapat pejabat partai yang belum mengundurkan diri sebagai PNS."Jadi memang ada di salah satu kabupaten di Yogyakarta, ada Ketua Cabang PBB yang masih PNS," jelasnya.

Menurut dia, pejabat partai tersebut sudah mengajukan surat permohonan berhenti sebagai PNS namun prosesnya masih belum tuntas.

"Jadi kalau ada PNS yang menjadi pengurus atau anggota parpol, bukan berarti partainya jadi tidak sah. Tetapi orang itu yang diberhentikan sebagai PNS oleh pemerintah," tegas Yusril.

Dia menjelaskan posisi PBB berada di bawah sejumlah partai parlemen dan Partai Nasional Demokrat yang menjadi beberapa partai dengan kekurangan yang palimg sedikit dalam rapat pleno KPU.

Komisi Pemilihan Umum melakukan rapat pleno verifikasi partai politik untuk pemilu 2014 pada Senin sejak pukul 13:30 dan ditutup pada Selasa pukul 02:20 WIB. (B019/SKD)

Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar