Calon anggota Paskibraka Kota Palu harus bersih dari narkoba

id BNN,Pemkot Palu,Palu,Paskibraka

Petugas dari BNN Palu memeriksa urine calon paskibraka Kota Palu di TK Pembina Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore Rabu sore (20/3). (Humas Pemkot Palu/Imron Nur Huda)

Palu (ANTARA) - Sedikitnya 11 pelatih dan 74 calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Palu menjalani tes urine yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palu.

Pemeriksaan urine yang dilaksanakan di Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Rabu sore itu dimaksudkan untuk memastikan pelatih dan capaski bersih dari peredaran maupun penyalahgunaan narkoba.

"Palu terkenal sebagai kota dengan tingkat peredaran dan penyalahgunaan narkoba cukup tinggi apalagi di sekolah-sekolah. Olehnya salah satu cara yang kita lakukan untuk mengantisipasinya dengan mengadakan pemeriksaan urine kepada pelatih dan capaski," kata Kepala Dispora Palu, Andi Sumardi di sela-sela pemeeiksaan urine para pelatih dan capaski.

Sumardi berharap langkah-lagkah pencegahan dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Pemkot Palu dan BNN seperti ini dapat berjalan efektif dan sesuai harapan ke dua belah pihak.

"Ini sudah yang ketiga kalinya kita laksanakan. Bagaimana peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Palu bisa ditekan serendah mungkin dari semua lini salah satunya dengan cara ini. Kita tidak ingin anak-anak kita generasi muda Kota Palu menyalahgunakan narkoba," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala BNN Kota Palu AKBP Abire Nusu sangat mendukung dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Dispora berserta jajarannya.

"Kegiatan tes urine dalam rangka pencegahan dini penredaran dan penyalahgunaan narklba oleh Pemkot Palu seperti ini yang kita harapkan,"katanya.

Abire menegaskan yang namanya paskibraka, harus bersih dari kontaminasi narkoba dan sejenisnya sehingga untuk mengetahui itu maka perlu dilakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui kandungan dan keberadaa  narkoba dalam tubuh mereka.

"Insya Allah kita akan mendukung upaya-upaya pencegahan dan penekanan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba seperti ini," imbuhnya.
 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar