KPU Sulteng libatkan kabupaten/kota bahas DPT tambahan

id KPU Sulteng,Pemilu 2019

KPU Sulteng libatkan kabupaten/kota bahas DPT tambahan

Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming menyampaikan sambutan pada rapat pleno rekapitulasi DPTb kedua pemilu 2019, di Palu, Kamis (Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, melibatkan KPU kabupaten dan kota membahas daftar pemilih tetap tambahan menghadapi pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, legislatif dan DPD tahun 2019 di daerah tersebut.

"KPU dibentuk untuk menyelenggarakan pemilu yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat. Ini tentu berkaitan dengan data-data pemilu. Karena itu, sebagai penyelenggara KPU harus memberikan data-data yang berkualitas," ucap Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming, di Palu, Kamis.

KPU Sulawesi Tengah melibatkan 12 KPU kabupaten dan satu kota membahas penambahan daftar pemilih tetap tambahan lewat rapat pleno rekapitulasi DPTb kedua di salah satu hotel di Palu.

Tanwir mengemukakan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulteng salah satu-nya yaitu mengenai pemilih.

"Data-data ini perlu diperbaiki menurut Bawaslu, dan ini sifatnya harus terbuka. KPU Sulteng tidak menutup diri mengenai data kepemiluan," kata Tanwur Lamaming.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Morowali Utara itu menyebut bahwa sebelum dibahas di rapat pleno tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, jajaran KPU di kabupaten dan kota telah melakukan verifikasi mengenai penambahan pemilih.

Bahkan dalam verifikasi itu, KPU kabupaten dan kota juga melibatkan Bawaslu dan jajarannya di tingkat kabupaten/kota untuk melakukan uji sampling terhadap data-data pemilih.

"Nah, untuk DPTb pertama jumlahnya hanya berkisar sekitar kurang lebih 30 pemilih yang ditambahkan. Yaitu mereka yang masuk ke Sulawesi Tengah," urainya.

Ia menerangkan pemilih yang pindah daerah pemilihan, yaitu mereka yang keluar dan yang masuk ke Sulawesi Tengah jumlahnya hampir seimbang.

"Tidak ada pengurangan pemilih atau penduduk secara signifikan, begitu juga sebaliknya tidak ada penambahan secara signifikan. Entah keluar ke kabupaten lain atau ke desa lain, ya tetap di hitung keluar. Namun, tidak keluar dari Sulawesi Tengah," kata Tanwir.

KPU mencatat jumlah pemilih pada pemilu 2019 di Sulawesi Tengah berdasarkan DPTb 1/pertama, sebanyak 1.952, 849, sementara DPHTP 2  berjumlah 1. 952.810.
 
KPU Sulawesi Tengah melibatkan 12 KPU tingkat kabupaten dan 1 KPU tingkat kota, di Sulawesi Tengah dalam rapat pleno rekapitulasi DPTb kedua pemilu 2019, di Palu, Kamis. (Muhammad Hajiji)
  
Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming (tengah), Sahran Raden anggota KPU bidang sosialisasi dan partisipasi masyarakat , dan Anggota KPU Sulteng Halimah hadir dalam rapat pleno rekapitulasi DPTb kedua pemilu 2019, di Palu, Kamis. (Muhammad Hajiji)