Perhatian kepada desa luar biasa, kelurahan pun ingin kembali jadi desa

id Dinas PMD, pemeritnah desa, dana desa,inovasi desa,perhatian kepada desa,kelurahan

Perhatian kepada desa luar biasa, kelurahan pun ingin kembali jadi desa

Sekdaprov Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate (kiri) memberikan sambutan pada acara sertijab 13 Kepala OPD Sulteng di Palu, Kamis (7/2) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan rapat koordinasi Program Inovasi Desa bertema Menyatukan Komitmen Bersama Dalam Mewujudkan Prioritas Perencanaan Pembangunan Desa Yang Terintegrasi dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan Program Inovasi Desa (PID) di P:alu, 20 Maret – 23 Maret 2019, diikuti 226 peserta.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Mohamad Hidayat Lamakarate,M.Si menyampaikan pelaksanaan rapat koordinasi program inovasi desa merupakan bagian dari upaya peningkatan koordinasi pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan program-program dalam lingkungan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, serta penyebarluasan informasi mengenai program dan capaian hasil pelaksanaannya kepada para pihak pemangku kepentingan.

Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat penerima manfaat langsung kegiatan program tersebut, yakni warga desa khususnya rumah tangga miskin, sedangkan para pelaku program termasuk instansi atau lembaga pendukung pelaksana program dari kalangan pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, pendamping dan kader desa.

Sekprov katakan bahwa perhatian pemerintah pusat terhadap pemerintahan di tingkat desa sangat luar biasa, sehingga banyak kelurahan yang ingin kembali ke status desa karena adanya kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) yang begitu besar. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan penggunaan alokasi dana dibutuhkan kepiawaian tenaga pendamping desa yang merupakan instrumen alokasi dana desa untuk bersinergi dengan kepala desa dengan harapan dana yang telah dikucurkan ke pemerintah desa bisa dikelola dengan baik.

Sekprov berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik, untuk mendapatkan informasi yang penting kaitannya dengan program inovasi desa dengan harapan pemerintah desa bisa membuat inovasi baru dalam rangka mengembangkan desa-desa di wilayah Sulawesi tengah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulawesi Tengah Zubair,S.Sos,M.Si menyampaikan rapat koordinasi diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk tenaga pendamping desa beserta stakeholders dalam program inovasi desa, Selain itu, disampaikan untuk akselerasi program inovasi desa diharapkan motivasi dari tenaga pendamping desa agar berintegrasi secara terkoordinasi. (Humas Pemprov Sulteng)
 
Sekprov Sulteng Hidayat Lamakarate (kemeja putih) berpose bersama usai membuka Rakor Program Inovasi Desa di Palu, Kamis (21/3) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar