Pembangunan Parigi Moutong fokus pengentasan kemiskinan

id Parigi moutong,Pengentasan kemiskinan, program prioritas

Pembangunan Parigi Moutong fokus pengentasan kemiskinan

Sekda Parigi Moutong, Ardi Kadir membuka kegiatan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Parigi, Kamis (21/3). (Antaranews Sulteng/Humas Pemkab)

Program ini berorientasi pada kesejahteraan dan membuka peluang kepada masyarakat memperbaiki taraf hidup yang lebih baik
Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menetapkan arah kebijakan pembangunan yang difokuskan pada pengentasan kemiskinan berbasis Komunitas Masyarakat Miskin Terpencil (KM2KT). 



Sekretaris Daerah Parigi Moutong Ardi Kadir pada kegiatan forum organisasi perangkat daerah, di Parigi, Kamis mengatakan, pengentasan kemiskinan akan berorientasi pada program pemberdayaan masyarakat. 


"Ini salah satu program prioritas Pemkab Parigi Moutong untuk lima tahun ke depan," kata Ardi. 



Program pengentasan kemiskinan, sebagai mana visi dan misi Bupati-wakil Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai di periode kedua mereka. 


"Program prioritas lainnya mengarah pada optimalisasi peran perempuan dan lansia dalam pembangunan, pengembangan sentra pertanian dan pariwisata terpadu berbasis masyarakat dan potensi lokal," tambahnya. 


Sebelum implementasi program prioritas dilaksanakan, pemerintah setempat menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) lebih awal melalui forum OPD guna menyamakan persepsi terhadap arah pembangunan. 


"Program ini berorientasi pada kesejahteraan dan membuka peluang kepada masyarakat memperbaiki taraf hidup yang lebih baik," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong ini. 



Penyusun dokumen RKPD, urainya, harus menjadi suatu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional agar pembangunan daerah dapat dijadikan subyek sehingga dapat berperan aktif sebagai motor penggerak pembanguna.



Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran menyebut, tiga fokus program utama tahun 2020, dari 10 program prioritas yaitu, Parigi Moutong Khatulistiwa, Parigi Moutong Sehat dan Parigi Moutong cerdas.



Arah kebijakan itu bidang ekonomi, penguatan sektor pertanian dan pariwisata, bidang sosial dan budaya, peningkatan daya saing sumber daya manusia(SDM) dan Bidang Infrastuktur dasar dan ketahanan bencana.***