KPH Dampelas kuatkan kapasitas staf dan perwakilan desa

id KPH Dampelas,kehutanan,Subarkah

KPH Dampelas kuatkan kapasitas staf dan perwakilan desa

Suasana pelatihan penguatan staf dan aparatur desa (Antaranews Sulteng/subarkah)

Parigi (ANTARA) - Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dampelas Tinombo melaksanakan pelatihan kemampuan komunikasi bagi staf dan perwakilan desa yang dilaksanakan di Desa Oncone Raya Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten ParigiMoutong Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu(16/3).

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia khususnya staf dan perwakilan beberapa desa di Lingkup KPH Dampelas Tinombo,” ujar Agus Efendi, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Dampelas Tinombo.

Ia menyampaikan dengan kemampuan komunikasi yang baik menjadi salah satu bagian yang dapat mendukung tingkat keberhasilan KPH dalam pencapaian visi misi dan tujuan termasuk pengelolaan serta pemanfaatannya.

Ditambahkan pula,  kemampuan berkomunikasi diharapkan dapat menarik perhatian publik untuk dapat memanfaatkan produk-produk KPH maupun produk-produk masyarakat yang berada dalam wilayah KPH maupun diluar kawasan hutan yang tentunya bermanfaat secara sosial, ekonomi dan budaya.

“KPH Dampelas Tinombo membutuhkan salah satu cara untuk menyampaikan pesan-pesan baik visi misi maupun rencana tata kelolanya kepada para stakeholder baik pemerintah, masyarakat maupun swasta. Olehnya kemampuan untuk menyampaikan pesan tersebut haruslah memiliki kapasitas yang baik pula dalam berkomunikasi sehingga pesan dapat tersampaikan," harapnya.

Pelatihan yang diikuti oleh staf KPH Dampelas Tinombo dan perwakilan dari 10 desa yang didukung oleh Forest Investment Programme (FIP) II tersebut menghadirkan dua pemateri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tadulako Dr. Ilyas, S.Sos.,M.I.Kom dan Rizky Alfiaty, S.Sos, MA dari Universitas Tadulako (Untad) Palu.