KPU Sulteng gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019

id kpu sulteng

KPU Sulteng gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019

Salah satu pemilih mendaftar di TPS dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang di selenggarakan KPU Sulawesi Tengah, di Palu, Sabtu (23/3) pagi. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

Kegiatan ini adalah bentuk sosialisasi. Yang bertujuan untuk menyosialisasikan teknis dan mekanisme pemungutan suara di TPS kepada masyarakat

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif dan DPD, di salah satu warung kopi, Sabtu (23/3) pagi.

"Kegiatan ini adalah bentuk sosialisasi. Yang bertujuan untuk menyosialisasikan teknis dan mekanisme pemungutan suara di TPS kepada masyarakat," ucap Komisioner KPU Sulawesi Tengah Bidang Partisipasi Masyarakat, Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi, Sahran Raden.

KPU Sulawesi Tengah menilai pendidikan pemungutan suara dan penghitungan suara penting untuk dikenalkan kepada masyarakat dan KPPS.

Karena itu, sebut Sahran Raden, sosialisasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk melatih keterampilan bagi KPPS, dalam melaksanakan teknis pemungutan suara di TPS.

"Ini penting, agar di hari pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019. KPPS mengetahui kerja-kerja teknis di TPS," sebut Akademisi Non-Aktiv IAIN Palu itu.

Simulasi pemungutan suara, kata Pria Mantan Ketua Ansor Sulteng itu bahwa sebagai bentuk pelayanan untuk mengajak masyarakat datang memilih pada saat pemungutan suara.

"Kegiatan ini sekaligus bentuk ajakan kepada masyarakat, bahwa penting menyalurkan hak suara, hak partisipasi, hak memilih di pesta demokrasi pemilu 2019," sebut Sahran Raden.

Komisioner KPU Sulteng Syamsul Gafur dan Sahran Raden memantau simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang di selenggarakan KPU Sulawesi Tengah, di Palu, Sabtu (23/3) pagi. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

KPU melibatkan masyarakat, media cetak dan online, partai politik dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara. KPU Sulteng mengenalkan lima kertas surat suara.

Pertama, surat suara DPR-RI berwarna kuning, surat suara DPRD Provinsi berwarna biru. Surat suara Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu. merah untuk DPD RI, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota.

KPU mencatat jumlah pemilih di Sulawesi Tengah pada Pemilu 2019 berjumlah 1.952.810. DPTb 8.523 merupakan jumlah pemilih masuk ke Sulawesi Tengah. Sementara jumlah pemilih keluar 8.705