Persiapan Timnas Jangan Kendur Akibat Dualisme

id koni, tono suratman, pssi, timnas

Persiapan Timnas Jangan Kendur Akibat Dualisme

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kiri) bersama Ketua Umum KONI pusat Tono Suratman(kanan) usai melantik pengurus KONI Sulawesi Tengah di Palu, 23 Mei 2012. (foto : Nanang)

Karena ada polemik PSSI dan KPSI, jangan biarkan persiapan pemain terganggu untuk ajang internasional yang seharusnya berprestasi
Jakarta (antarasulteng.com) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Tono Suratman mengatakan persiapan tim nasional sepak bola untuk SEA Games 2013 tidak boleh tertunda atau kendur karena dualisme atau polemik antara PSSI dan KPSI.

"Karena ada polemik PSSI dan KPSI, jangan biarkan persiapan pemain terganggu untuk ajang internasional yang seharusnya berprestasi," kata Tono saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Menurut dia, prestasi sepak bola nasional di kancah ASEAN maupun dunia tidak boleh terkesampingkan gara-gara polemik segelintir pihak atau juga karena kepentingan-kepentingan lain.

Dia mengaku sudah berkaca pada SEA Games 2011--pada saat itu menjadi Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang bertugas menyeleksi atlet dan pelatih andalan.

"Jika memang mau juara atau berprestasi, harus segera adakan pelatnas, jangan terganggu kepentingan," ujarnya.

Dualisme atau polemik yang sedang melanda organisasi induk sepak bola tentu dapat mengganggu konsentrasi pemain untuk ajang olahraga internasional maupun nasional.

Semangat dan motivasi pemain yang seharusnya ditumbuhkan dengan rasa nasionalisme dikhawatirkan terganggu oleh segelintir pemikiran yang buntu dan tidak mengarah kepada persatuan, katanya.

Hal itu, klaim Tono, yang membuat KONI bersikukuh tetap membentuk tim nasional sepak bola untuk ajang multicabang SEA Games.

Dia mengaku tidak gentar meskipun keputusannya membentuk timnas dinilai berbagai kalangan sebagai langkah yang menyalahi aturan.

Pembentukan timnas itu mengacu pada KONI sebagai Dewan Pelaksana Program Indonesia Emas (Prima), kata Tono.

KONI sendiri sudah menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih sementara.

Menurut Tono, pemusatan latihan nasional (pelatnas) juga sudah mulai aktif sejak Januari ini. "Jumlah pemain pelatnas masih mencapai 200 persen dari pemain inti nanti," katanya.

Menjelang ajang dua tahunan SEA Games pada bulan Desember nanti di Myanmar, seleksi untuk pemain inti akan segera disiapkan.(I029/D007/SKD)