Hidayat Lamakarate lantik Pengda Yayasan JSI Cabang Buol

id SEKPROV SULTENG,BUOL,JANTUNG SEHAT

Hidayat Lamakarate lantik Pengda Yayasan JSI Cabang Buol

Ketua Yayasan Jantugn Sehat Indonesia Cabang Palu yang juga Sekdaprov Sulteng Moh. Hidayat memberikan sambutan usai melantik Pengurus Daerah Yasyasan JSI Kabupaten Buol, Sabtu (23/3) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia (JSI) Cabang Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si Melantik Wakil Bupati Buol Hi. Abdullah Batalipu, S.Sos, MSi sebagai Ketua Pengda Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Kabupaten Buol periode 2019 - 2024 di halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buol, Sabtu.

Ketua Yayasan JSI Sulteng Moh. Hidayat menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan sebuah upaya pembangunan di bidang kesehatan menuju terciptanya sumber daya manusia yang sehat dan ungul.

Menurut Sekprov Sulteng itu, penyakit jantung sampai saat ini masih merupakan masalah yang cukup kompleks. Penyakit jantung dan pembuluh darah menduduki urutan ke-11 sebagai penyebab kematian di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Yayasan Jantung Sehat Indonesia memiliki visi "Pelopor Gaya Hidup Sehat" sedangkan misi yang diemban adalah Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh daraj melalui pemasyarakatan atau panca usaha jantung sehat, yaitu, seimbang gizi, enyahkan rokok, hindari stres, awasi tekanan darah, taqwa dan aktif berolahraga.

Ia berharap seluruh pengurus mampu menyusun cara dan strategi yang tepat untuk meakukan pencegahan khususnya melalui penyuluhan kepada kaum muda ke dalam program kreatif sesuai dunia insan millenial saat ini, serta pelibatan para badan usaha dalam menyalurkan dana CSR di bidang kesehatan, khususnya kesehatan jantung.
 
Sementara itu Bupati Buol, dr. H. Amirudin Rauf, Sp. OG, M.Si,  menyampaikan bahwa penyakit metabolik meningkat seperti kolestrol, gula darah, diabetes yang mengakibatkan penyakit jantung dan ginjal.

Penyakit jantung adalah proses lanjut metabolisme yang tidak sehat dalam tubuh yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, kolestrol masuk ke dalam tubuh melalui makanan, makanan adalah merupakan sumber energi bagi tubuh. Tapi kelebihan makanan justru akan menimbulkan penyakit.

"Jangan sampai kita rakus makan, malas bekerja, ikutilah pola hidup sehat, seperti hal yang kami lakukan untuk tidak membengkakan anggaran makan minum pada anggaran bupati," ujarnya.

Sebelum pelantikan, digelar senam jantung sehat secara bersama-sama di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buol. (Humas Pemprov Sulteng)
 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar